Efendi, Arfan (2025) Peran Guru kelas Empat dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di SD Al Baitul Amien 02 (Full Day School) Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
TESIS ARFAN EFENDI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK
Arfan Efendi, 2025. Peran Guru kelas Empat dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di SD Al Baitul Amien 02 (Full Day School) Jember. Dosen pembimbing 1) Dr. H. Zainuddin Al Haj Zaini, Lc, M. Pd. I 2) Prof. H. Moch. Imam Machfudi, S.S., M. Pd. Ph.D
Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum Merdeka, Guru kelas
Peran guru kelas IV dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Al Baitul Amien 02 Jember yaitu menempatkan peran guru kelas yang lebih optimal dengan memiliki keleluasaan untuk memilih metode, atau strategi yang sesuai sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik, dilembaga tersebut merupakan sekolah favorit yang ada di kabupaten jember, yang memiliki banyak siswa dan prestasi akademik dan non akademik.
Fokus penelitian ini sebagai berikut:1)bagaimana peran guru kelas IV sebagai adapter dalam pengembangan kurikulum merdeka di SD Al baitul amien 02 jember?, 2) bagaimana peran guru kelas IV sebagai pengembang dalam pengembangan kurikulum merdeka di SD Al baitul amien 02 jember?, dan 3) bagaimana peran guru kelas IV sebagai peneliti dalam pengembangan kurikulum merdeka di SD Al baitul amien 02 jember?. Tujuan penelitian ini yatu: 1. Menganalisis Peran Guru Kelas IV sebagai Adapter dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di SD Al Baitul Amien 02 (Full day school) Jember, 2. Menganalisis Peran Guru Kelas IV sebagai Pengembang dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di SD Al Baitul Amien 02 (Full day school) Jember, dan 3. Menganalisis Peran Guru Kelas IV sebagai Peneliti dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di SD Al Baitul Amien 02 Jember.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di SD Al Baitul Amien 02 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif interaktif Miles, Hubermen dan Jhonny Saldana yaitu: kondensasi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi Teknik, dan member cek.
Hasil Penelitian : 1) Peran Guru Kelas IV sebagai Adapter dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka meliputi dua progam mendasar yakni progam integrasi muatan lokal dan program sekolah, 2) Peran Guru Kelas IV sebagai Pengembang dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka yang tersusun yaitu Penyesuaian perencanaan pembelajaran, kontektualisasi kurikulum, mengembangkan projek P5, mengembangkan sistem asesmen, Menyusun KOS, dan Mengkaji dan mengevaluasi kurikulum 3) Peran Guru Kelas IV sebagai Peneliti dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka terdiri lima, yaitu mengumpulkan dan analisis data pembelajaran, menyesuaikan strategi pembelajaran, mengembangkan inonvasi berdasarkan temuan, memberikan masukan pada pengebangan kurikulum, dan berbagi praktik baik dan berklaborasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arfan Efendi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:01 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |