Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII di MTsN 9 Banyuwangi

Alfi Khusniatin, Nadhifatul (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII di MTsN 9 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nadhifatul Alfi Khusniatin (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan kehidupan modern yang masih kurang berkembang dalam pembelajaran konvensional. Model Project Based Learning dengan pendekatan STEM menjadi solusi karena melibatkan siswa secara aktif dalam memecahkan masalah nyata. Pendekatan ini dinilai relevan diterapkan pada materi seperti persamaan garis lurus yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk mengkaji pengaruh model ini terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MTsN 9 Banyuwangi.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning menggunakan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII di MTsN 9 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Post-test Only Control Group Design. Sampel terdiri dari kelas VIII F sebagai eksperimen dan VIII C sebagai kontrol, dipilih secara purposive. Penelitian ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan dalam satu kelas. Teknik pengumpulan data melalui tes essay dan dokumentasi, dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial, diawali uji normalitas dan homogenitas. Dilanjutkan dengan Uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) dari hasil uji hipotesis sebesar 0,024. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, karena nilai sig (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi persamaan garis lurus kelas VIII di MTsN 9 Banyuwangi.

Kata Kunci: Project Based Learning, Pendekatan STEM, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nadhifatul Alfi Khusniatin
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:46
Last Modified: 02 Jul 2025 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45222

Actions (login required)

View Item View Item