Hubungan Religiusitas dengan Resiliensi Akademik Siswa Program Unggulan di MA Nurul Jadid Paiton

Oktafia Batutah, Ariana Millati (2025) Hubungan Religiusitas dengan Resiliensi Akademik Siswa Program Unggulan di MA Nurul Jadid Paiton. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi ariana water mark i.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang adanya penelitian ini karena adanya fenomena Siswa
program unggulan di MA Nurul Jadid Paiton yang menghadapi proses
pembelajaran dengan jadwal dan target yang padat di lingkungan pesantren.
Dalam situasi tersebut, kemampuan untuk tetap bertahan,bangkit dari
kegagalan, serta menjaga motivasi belajar menjadi penting. Salah satu faktor
yang diduga berperan dalam membentuk kemampuan tersebut adalah
religiusitas. Religiusitas dipandang mampu memberikan kekuatan batin,
ketenangan, serta arah hidup yang berdampak pada cara siswa merespons
tekanan akademik.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan
antara religiusitas dengan resiliensi akademik di MA Nurul Jadid Paiton?.
Berdasarkan rumusan masalah, Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan antara religiusitas dengan resiliensi akademik siswa
program unggulan di MA Nurul Jadid Paiton.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 232 Siswa
unggulan di MA Nurul Jadid Paiton. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik
probability sampling, yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket atau kuisioner. Skala yang digunakan yaitu Muslim Daily
Religiosity Assesment Scale (MUDRAS) dan Academic Resilience Scale (ARS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan
signifikan antara religiusitas dengan resiliensi akademik. Nilai signifikansi
sebesar 0,000 (< 0,05) dengan koefisien korelasi rendah sebesar 0,391. Artinya,
semakin tinggi tingkat religiusitas siswa, maka semakin tinggi pula resiliensi
akademik yang mereka miliki. Temuan ini menunjukkan bahwa religiusitas
memilikikontribusi penting dalam membantu siswa unggulan menghadapi
tantangan akademik secara lebih tangguh dan adaptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Depositing User: Ms Ariana Millati Oktafia Batutah
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:58
Last Modified: 02 Jul 2025 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45245

Actions (login required)

View Item View Item