PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2024/2025

Ning Puri, Isrofin Dwi Asri (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Isrofin Dwi A N P Skripsi Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Al-Qur’an Hadis, Numbedered Heads Together
Salah satu permasalahan yang dihadapi di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso adalah rendahnya partisipasi siswa dalam diskusi kelas serta kurangnya antusiasme mereka dalam mengikuti pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together sebagai upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 2). Faktor apa saja penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 3). Bagaimana dampak penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata Pelajaran Al-Qur;an Hadis kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. 2). Mendeskripsikan faktor apa saja penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. 3). Mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data, penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Model Numbered Heads Together diterapkan dalam tiga pertemuan, dimulai dengan pelaksanaan langkah-langkah model, dilanjutkan pada pertemuan kedua, dan diakhiri dengan ujian bab serta pemberian apresiasi kepada siswa. 2). Hambatan yang dihadapi meliputi faktor guru, fasilitas, kondisi siswa, dan waktu pembelajaran. 3). Penerapan model ini memberikan dampak positif bagi peningkatan keaktifan siswa dan kualitas pembelajaran secara umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isrofin Dwi Asri Ning Puri
Date Deposited: 02 Jul 2025 11:41
Last Modified: 02 Jul 2025 11:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45261

Actions (login required)

View Item View Item