STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA PERUSAHAAN ROKOK TRI PUTRA SENTOSA SIDOARJO

Mahyudah, Iva Dwi (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA PERUSAHAAN ROKOK TRI PUTRA SENTOSA SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IVA DWI MAHYUDAH REVISI FIX.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Iva Dwi Mahyudah, 2025: Strategi Pengembangan Produk pada Perusahaan Rokok Tri Putra Sentosa Sidoarjo.
Kata Kunci : Strategi, pengembangan produk
Pertumbuhan ekonomi mendorong persaingan usaha yang semakin ketat, termasuk di sektor industri rokok. Untuk menghadapi tantangan ini, perusahaan perlu menerapkan strategi, salah satunya melalui pengembangan produk. Strategi ini tidak hanya bertujuan menciptakan produk baru, tetapi juga memperbaiki produk yang sudah ada agar tetap relevan dengan kebutuhan pasar. Perusahaan rokok Tri Putra Sentosa di Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu contoh usaha yang menerapkan strategi pengembangan produk melalui meningkatkan kualitas, kemasan dan pelayanan. Langkah ini dilakukan untuk mempertahankan daya saing, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan di tengah ketatnya industri rokok.
Fokus penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi yaitu : 1) Bagaimana strategi pengembangan produk pada perusahaan Tri Putra Sentosa Sidoarjo?, 2) Apa saja kendala strategi pengembangan produk pada perusahaan Tri Putra Sentosa Sidoarjo?, 3) Apa saja upaya dalam mengatasi kendala strategi pengembangan produk pada perusahaan Tri Putra Sentosa Sidoarjo?.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu 1) Untuk memberikan pemahaman tentang strategi pengembangan produk pada perusahaan Tri Putra Sentosa Sidoarjo, 2) Untuk memberikan pemahaman tentang kendala strategi pengembangan produk pada perusahaan Tri Putra Sentosa Sidoarjo, 3) Untuk memberikan pemahaman tentang upaya dalam mengatasi kendala strategi pengembangan produk pada perusahaan Tri Putra Sentosa Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi pengembangan produk yang dilakukan Perusahaan yaitu meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kemasan, dan meningkatkan pelayanan. Tujuannya agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan, 2) Perusahaan mengalami kendala dalam mencari ide baru dan kesamaan produk dengan kompetitor, 3) Upaya yang dilakukan Perusahaan dalam mengatasi kendala pengembangan produk dengan melakukan pendekatan lebih terbuka dengan melibatkan semua divisi dalam sesi diskusi. Selain itu melakukan survei konsumen melalui distributor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Iva Dwi Mahyudah
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:27
Last Modified: 02 Jul 2025 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45289

Actions (login required)

View Item View Item