Nurindah Sari, Meily (2025) Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nusa Dua Kuta Bali. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Meily Nurindah Sari - T20181267.pdf Download (105MB) |
Abstract
Meily Nurindah Sari, 2025, Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nusa Dua Kuta Bali.
Kata Kunci : Nilai Toleransi, Toleransi, Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam
Sekolah Menegah Pertama Nusa Dua Kuta Bali terletak pada lingkungan yang mayoritas agama Hindu dan minoritas agama Islam dan Kristen. Dalam konteks masyarakat multikultural seperti di Bali, upaya menanamkan sikap toleransi terhadap perbedaan keyakinan sangat penting guna menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis dan damai. Penelitian bertujuan setiap guru pendidikan agama Islam menerapkan penanaman nilai toleransi beragama kepada setiap murid guna membentuk siswa berperilaku adil, rukun, dan saling menghargai antar siswa yang berbeda agama terutama dengan mencerminkan budi pekerti yang baik dengan akhlak yang baik tanpa melihat adanya perbedaan.
Tujuan Penelitian 1) untuk mengetahui Strategi Penanaman Nilai-nilai Toleransi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nusa Dua Kuta Bali? 2) Untuk mengetahui apa saja Manfaat dari Penanaman Nilai-nilai Toleransi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nusa Dua Kuta Bali?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang mana akan menjelaskan secara detail fenomena yang ada di lapangan. Metode pengambilan data yang dipakai peneliti yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik berupa wawancara dari Kepala Sekolah, Guru Agama, dan Siswa, obervasi kegiatan pembelajaran dan kegiatan keagamaan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yakni 1) Menanaman Nilai toleransi ada empat Strategi yakni a. guru memperkenalkan keragaman dan menjelaskan perbedaan bukan untuk menimbulkan kebencian. b. Memberi contoh sikap Toleransi melalui Kisah Nabi Muhammad SAW. dan tokoh-tokoh yang menjunjung tinggi Toleransi dan Perdamaian. c. Dialog atau diskusi terkait Toleransi sehingga murid bisa mengetahui lebih jauh tentang perbedaan. d. Guru selalu mengajarkan hidup rukun dan damai, tidak saling membeci dan bermusuhan. 2) Ada dua Manfaat yang ditemukan dari menanamkan nilai toleransi beragama yaitu a. Membentuk sikap siswa yang Toleran, tidak saling membenci malah saling menghargai. b. meningkatkan Ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya yang mana merupakan motivasi intrinsik siswa terhadap pengembangan ilmu pengetahuan sehingga mereka sadar akan iman dan ilmu dan pengembangannya untuk mencapai keridlaan Allah Swt.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Meily Nurindah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 12:22 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 12:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |