Nabilah,, Aulia (2025) Media Audio Visual Interaktif Untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X BIC 1 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Aulia Nabilah. SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Berbagai media visual interaktif saat ini ramai digunakan sebagai media pembelajaran, salah satunya Smart TV yang dapat menyajikan konten inspiratif dan memancing diskusi antar siswa karena Smart TV merupakan teknologi hiburan yang bertambah fungsi menjadi alat bantu pembelajaran.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan Smart TV sebagai media audio visual interaktif dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X BIC 1 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana Persepsi guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam memanfaatkan fitur Smart TV untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X BIC 1 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan Smart TV dapat megembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X BIC 1 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember 2) Untuk mendeskripsikan pendapat tentang Smart TV untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam perspektif guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan menggunakan Triangulasi Teknik dan Triangulasi Metode, Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Media ini terbukti mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Siswa lebih mudah memahami konsep-konsep sejarah yang abstrak jika disampaikan melalui tampilan audio-visual yang menarik dan kontekstual. 2) Guru memandang Smart TV sebagai media yang efektif dan efisien, namun tetap membutuhkan pelatihan lebih lanjut agar pemanfaatannya maksimal. Guru juga berharap adanya dukungan kelembagaan dalam bentuk pelatihan, pengembangan konten, dan pendampingan teknis secara berkala.
Kata Kunci: Media Visual Interaktif, Smart TV, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Aulia Nabilah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 14:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 14:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |