IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB AL HUJAJ AL QATH’IYYAT: FI SHIHHATI AL MU'TAQIDAAT WA AL'AMALIYYAAT AN-NADHIYYAT DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA ENTREPRENEUR NURUL ISLAM 2 JEMBER

Maziyah, Mazda Umi (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB AL HUJAJ AL QATH’IYYAT: FI SHIHHATI AL MU'TAQIDAAT WA AL'AMALIYYAAT AN-NADHIYYAT DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA ENTREPRENEUR NURUL ISLAM 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ZIZI FULL WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Kitab Al Hujaj AL Qath’iyyat, dan Pondok Pesantren.
Pesatnya perkembangan teknologi serta perubahan globalisasi berdampak pada tergerusnya moral dan keimanan generasi muda. Pondok pesantren berperan penting menjaga nilai-nilai tersebut melalui pembelajaran kitab Al Hujaj Al Qath’iyyat, yang membahas akidah dan amalan keagamaan. Kitab ini menjadi bekal penting bagi santri dalam menghadapi tantangan zaman dan menjaga ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah dalam kehidupan bermasyarakat.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Al Hujaj Al Qath’iyyat di PPME NURIS 2 Jember? 2) Bagaimana hasil pembelajaran kitab Al Hujaj Al Qathi'yyat di PPME NURIS 2 Jember? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Al Hujaj Al Qathi'yyat di PPME NURIS 2 Jember?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab Al Hujaj Al Qath’iyyat : Fi Shihhati Al Mu’taqidaat Wa Al’amaliyyaat An-Nadhiyyat di PPME 2 Jember. 2) Untuk mengetahui hasil pembelajaran kitab Al Hujaj Al Qathi'yyat dalam aspek Ahlussunnah Wal Jama'ah di PPME NURIS 2 Jember. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Al Hujaj Al Qathi'yyat : Fi Shihhati Al Mu’taqidaat Wa Al’amaliyyaat An-Nadhiyyat di PPME NURIS 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pemilihan informan dilakukan melalui teknik purposive. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data yang diterapkan meliputi tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan penelitian, dapat diperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan pembelajaran Kitab Al Hujaj Al Qath’iyyat di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2 Jember dilakukan setiap Senin malam pukul 19.00-20.00 dengan metode bandongan yang dipandu oleh ustadzah, meliputi pembacaan, terjemahan, dan penjelasan kitab serta sesi tanya jawab untuk memperdalam pemahaman santri. 2) Pembelajaran ini berperan penting dalam membentuk karakter santri-mahasiswa yang moderat, seimbang, dan adil melalui penerapan prinsip tawassuth, tawazun, dan i’tidal sebagai pedoman kehidupan sehari-hari. 3) Keberhasilan proses pembelajaran didukung oleh kompetensi ustadzah, fasilitas yang memadai, dan peraturan pondok, namun juga menghadapi kendala seperti kurangnya pengalaman belajar agama bagi sebagian santri dan kondisi fisik yang memengaruhi konsentrasi selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Mazda Umi Maziyah
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:39
Last Modified: 03 Jul 2025 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45450

Actions (login required)

View Item View Item