Transformasi Digital Dalam Pelayanan Perizinan Pada Optimalisasi Kemaslahatan Usaha UMKM Di Kabupaten Jember

Zahra, Halimatus (2025) Transformasi Digital Dalam Pelayanan Perizinan Pada Optimalisasi Kemaslahatan Usaha UMKM Di Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HALIMATUS ZAHRA_233206060018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Halimatus Zahra, 2025, Transformasi Digital Dalam Pelayanan Perizinan Pada Optimalisasi Kemaslahatan Usaha UMKM Di Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I Dr. Hj. Nurul Widyawati IR, S, Sos, M.Si. Pembimbing II Dr. Nikmatul Masruroh, M.E.I.
Kata Kunci : Transformasi Digital, Pelayanan Perizinan, Kemaslahatan Usaha
Transformasi digital diterapkan dari berbagai sektor seperti halnya: industri, swasta, UMKM, pendidikan dan lembaga pemerintahan. Adanya transformasi digital pada sektor pemerintahan dengan tujuan utama untuk memberikan kepuasan, kemudahan dan efisiensi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat terutama pada proses administrasi. Mal Pelayanan Publik adalah pelayanan masyarakat yang berhubungan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Tenaga Kerja, Sosial, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, serta Dinas Pendapatan Daerah.
Penelitian difokuskan pada: 1) Bagaimana proses transformasi digital dalam pelayanan perizinan usaha UMKM di Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana analisis maslahah pada transformasi digital untuk optimalisasi pelayanan perizinan usaha UMKM di Kabupaten Jember?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, jenis field research. Lokasi penelitian pada Mal Pelayanan Publik di Jl. Gajah Mada No. 206 Kelurahan Kaliwates, Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, proses transformasi digital pada layanan pihak instansi melakukan perencanaan yaitu menciptakan pelayanan terintegritas, implementasi pada sistem OSS dan biaya perizinan gratis serta melakukan evaluasi dan memberikan loket pengaduan pada pemohon. Proses layanan perizinan MPP menerapkan unsur transformasi digital serta prisip pelayanan publik. Kedua analisis maslahah dalam optimalisasi perizinan UMKM yaitu memangkas birokrasi, pelayanan bisa dilakukan secara cepat, dan tepat.
Serta pelayanan secara gratis kepada pemohon. Setelah adanya transformasi
digital dari ke tiga kasus UMKM yang diambil oleh peneliti dengan menggunakan
rumus maslahah menunjukkan kemaslahatan bagi UMKM karena laba yang
dihasilkan bisa memenuhi kebutuhan sehari hari pelaku UMKM serta bisa
memenuhi kebutuhan keluarga dari segi dharuriyyah (primer), k ebutuhan
hajiyyah ( sekunder), kebutuhan tahsiniyyah (pelengkap atau serta
memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Halimatus Zahra
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:40
Last Modified: 03 Jul 2025 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45461

Actions (login required)

View Item View Item