Habibi,, Maulana (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP PLUS DARUL HIKMAH 02 GLUNDENGAN WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Maulana Habibi (bANDEL).pdf Download (2MB) |
Abstract
Malana Habibi, 2025 : Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP Plus Darul Hikmah 02 Wuluhan Jember:
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam pembentukan karakter religius, jujur, dan disiplin siswa.
Konteks penelitian ini dilatar belakangi tentang pentingnya pendidikan pembentukan karakter bagi siswa dalam pembelajaran. Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk karakter moral dan spiritual siswa. dengan demikian guru harus memiliki strategi pembelajaran di sekolah seperti menggunakan strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam seperti pembiasaan melaksanakan Sholat Dhuha dan membaca Surat Al-waqiah sebelum pembelajaran. Dengan adanya kegiatan tersebut bertujuan agar siswa memiliki perilaku yang baik, meningkatkan hasil belajar dan semangat belajarnya
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) bagaimana strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan katakter Religius, jujur dan disiplin siswa di SMP Plus Darul Hikmah 02 Glundengan Wuluhan Jember? 2) faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Darul Hikmah 02 Glundengan Wuluhan Jember?
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui Bagaiman proses pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Plus Darul hikmah 02 Wuluhan Jember. 2) Untuk mengetahui apa saja Faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pembelajaran pendidikan agama islam melalui kegiatan Sholat Dhuha dan membaca Surat Al Waqiah untuk membentuk karakter religius, jujur dan disiplin siswa di SMP Plus Darul Hikmah 02 Wuluhan Jember.
Peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Plus Darul Hikmah 02 Wuluhan jember. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive. Pada teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles, Huberan, dan Saldana yang meliputi Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian: Dengan adanya kegiatan Sholat Dhuha dan membaca Surat Al-Waqiah ini sangat bermanfaat bagi sekolah lebih bagi strategi pembentukan karakter religius, jujur, dan disiplin melalui kegiatan Sholat Dhuha dan membaca Surat Al-Waqiah, sehingga mempermudah guru untuk mengawasi perkembangan karakter siswa dan jika ada hambatan dari pihak sekolah guru lebih leluasa untuk menanganinya agar kegiatan Sholat Dhuha tetap terlaksana supaya menerapkan pada lingkungan sekolah, rumah, dan pondok pesantren. Pada faktor penghambat kegiatan Sholat Dhuha dan membaca Surat Al-Waqiah terdapat beberapa siswa yang masih melanggar aturan dari sekolah, faktor cuaca serta sarana dan prasarana kurang memadai. Faktor penghambat dari kegiatan membaca Surat Al-Waqiah terdapat juga faktor dari internal seperti siswa kurang lancar membaca Al-Qur’an, kurangnya memahami ilmu tajwid dan juga kurangnya memahami makhorijul huruf.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maulana Habibi |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:07 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |