Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Wonosobo Srono Banyuwangi

Maharani, Afiva Titi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Wonosobo Srono Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DIGILIB.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Wonosobo Srono Banyuwangi
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga Digital, Pembelajaran Bahasa Jawa
Bahasa Jawa sebagai muatan lokal wajib memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan melestarikan budaya bangsa. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara pembelajaran bahasa Jawa di MI Miftahul Ulum Wonosobo masih mengalami kendala seperti minat belajar rendah ditandai dengan kurang fokusnya peserta didik saat mengikuti pembelajaran yaitu asik mengobrol dengan teman yang lain, malas mengerjakan tugas, dan metode pembelajaran monoton dominan menggunakan ceramah, serta pemanfaatan teknologi kurang.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran ular tangga digital mata pelajaran bahasa Jawa kelas 3 MI Miftahul Ulum Wonosobo Srono Banyuwangi, 2) Untuk mendeskripsikan kelayakannya, 3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan, dan 4) Untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran ular tangga digital.
Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang memiliki tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif, dengan pendekatan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pada tahap analysis, ditemukan pembelajaran bahasa Jawa di kelas 3 masih kurang menarik dan kurang memaksimalkan media yang tersedia. Pada tahap design, media pembelajaran ular tangga digital dirancang melalui platform canva dan genially dengan berbagai fitur interaktif. Pada tahap development, media dikembangkan dan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran dengan hasil “sangat layak”. Pada tahap implementation, dilakukan uji coba skala kecil dan besar, serta diperoleh hasil bahwa nilai posttest lebih tinggi dibandingkan pretest, yang menunjukkan peningkatan pemahaman siswa. Pada tahap evaluation, dilakukan penilaian terhadap kelayakan dan kefektifan media secara keseluruhan berdasarkan hasil angket, nilai tes, dan tanggapan siswa, 2) Hasil persentase kelayakan dari rerata ketiga validator yakni ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran ialah 92,08% dengan kategori sangat layak, dan respon siswa skala kecil 99,28% kategori sangat layak, 3) Hasil uji kepraktisan didapat dari respon siswa skala besar yaitu 99,5% dengan kriteria sangat praktis, 4) Hasil uji keefektifan menggunakan uji N-Gain diperoleh skor 0,7764 dan persentase 77,63% yang berarti memiliki peningkatan tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan media pembelajaran ular tangga digital efektif diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afiva Titi Maharani
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:15
Last Modified: 03 Jul 2025 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45479

Actions (login required)

View Item View Item