PERAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH MA,ARIF AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2025

ROHMAN, AJI NUR (2001) PERAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH MA,ARIF AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI AJI NUR R WATERMARK.pdf

Download (15MB)

Abstract

Karakter disiplin merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan yang berkontribusi terhadap keberhasilan akademik dan pembentukan kepribadian peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di MA Ma’arif Ambulu. Mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang dapat membentuk kedisiplinan peserta didik.
Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran akidah akhlak yang di bawakan oleh guru pengampu, termasuk juga bagaimana respon peserta didik dalam menerapkan nilai nilai kedisiplinan saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran selain itu, dan apa saja yang menjadi tantangan guru ditenga perkembangan zaman yng semakin maju ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Yang mana penyajian data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru mata pelajaran Akidah Akhlak, peserta didik, serta pihak sekolah. Untuk menguji keabsahan datanya, peneiti menggunakan dua teknik triangulasi yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Dalam melakukan wawancara peneliti menggunakan jenis wawancar semi terstruktur agar tanya jawab menjadi lebih fleksibel dan luas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak telah terstruktur dengan baik melalui penggunaan modul ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai kedisiplinan, seperti amanah, tanggung jawab, tepat janji, dan istiqamah. Peserta didik merespons pembelajaran secara positif dan menganggap materi relevan dengan kehidupan sehari-hari, meskipun implementasi nilai kedisiplinan di luar kelas masih memerlukan pengawasan lebih lanjut. Tantangan utama yang dihadapi guru meliputi pengaruh negatif lingkungan luar, kurangnya peran serta orang tua, dan rendahnya semangat belajar siswa yang sudah bekerja. Guru dituntut untuk mengambil peran lebih dari sekadar pengajar, yakni menjadi teladan dan pembina karakter secara emosional dan moral.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aji Nur Rohman
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:24
Last Modified: 03 Jul 2025 04:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45508

Actions (login required)

View Item View Item