Minat Beli Online Di Aplikasi Shopee Pada Generasi Z Dalam Pandangan Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Khas Jember)

Ramadhanrizki, Akbar (2025) Minat Beli Online Di Aplikasi Shopee Pada Generasi Z Dalam Pandangan Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Khas Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
01Akbar Rizki Ramadhan_E20182054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akbar Rizki Ramadhan, 2025: Minat Beli Online Generazi Z dalam Pandangan Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN KHAS Jember).

Kata Kunci : Minat Beli Online, shopee, Generasi Z, Pandangan Ekonomi Islam
Generasi Z di lingkup UIN KHAS Jember berkeinginan untuk berbelanja. Kebanyakan dari mereka melakukan pembelian online karena barang itu dibutuhkan maupun tidak dibutuhkan. Barang yang dijual di online shop sesuai, namun ada beberapa barang yang tidak saya pakai karena barang yang datang tidak sesuai dengan gambar yang di posting da nada juga pendapat dari salah satu generasi Z yangmana mereka puas sekali berbelanja online karna harga lebih murah, banyak diskon, gratis ongkir dan tidak perlu repot datang ke toko untuk membeli.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana minat beli online generasi Z di aplikasi shopee pada mahasiswa UIN KHAS Jember? 2) Apa yang mempengaruhi minat beli Generasi Z di aplikasi shopee pada mahasiswa UIN KHAS Jember melalui online shop dalam perspektif Ekonomi Islam?.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui minat beli online generasi Z di aplikasi shopee pada mahasiswa UIN KHAS Jember. 2) Untuk mengetahui yang mempengaruhi minat beli Generasi Z di aplikasi Shopee pada mahasiswa UIN KHAS Jember melalui online shop dalam perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Dalam pengumpulan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ada tuga yakni observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan hasil data yang valid dan terpercaya.
Hasil dari penelitian ini yakni 1) Minat beli generasi Z yakni faktor internalnya yakni terletak pada keyakinan, keluarga, pengetahuan, sikap, pembelajaran kelompok usia, dan motivasi. Faktor eksternalnya yakni berasal dari faktor budaya, pemasaran, dan kelas sosial. 2) Yang mempengaruhi minat beli Generasi Z di aplikasi Shopee pada mahasiswa UIN KHAS Jember melalui online shop dalam perspektif Ekonomi Islam yakni kemasalahaan dan kebutuhan atau keinginan. Dalam kemasalahaan generasi Z sering mmbeli sebuah produk online di shopee karena termakan iklam sebuah produk yang tidak memiliki kemasalaan atau kebermanfaatan khusus. Kemudiaan generasi Z sering tidak bisa membedakan antara keinginan dankebutuhan karena menhikuti tren sebuah produk yang viral saat itu. Maka bisa disimpulkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginannya, selama dengan pemenuhan tersebut, maka martabat manusia bisa meningkat. Semua yang ada di bumi ini diciptakan untuk kepentingan manusia, namun manusia diperintahkan untuk mengonsumsi barang/jasa yang halal dan baik saja secara wajar, tidak berlebihan. Pemenuhan kebutuhan ataupun keinginan tetap dibolehkan selama hal itu mampu menambah mashlahah atau tidak mendatangkan mudharat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Akbar RizkiRamadhan
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:21
Last Modified: 03 Jul 2025 06:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45545

Actions (login required)

View Item View Item