Peran Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Pada Anak Korban Kekerasan Seksual di UPTD PPA Jember

Anggraini, Rasyidah Primadita (2025) Peran Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Pada Anak Korban Kekerasan Seksual di UPTD PPA Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Watermark_Rasyidah Primadita Anggraini .pdf

Download (3MB)

Abstract

Kekerasan seksual terhadap anak merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak anak yang paling serius dan berdampak jangka panjang. Kasus-kasus kekerasan
seksual yang melibatkan anak terus meningkat dari tahun ke tahun, baik di
lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Dengan berbagai pelaku
dimulai dari keluarga terdekat, teman, masyarakat, bahkan orang yang tidak
dikenal. Jumlah kasus kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Jember tahun
2024, sesuai dengan data yang dimiliki UPTD PPA Jember berjumlah 263 kasus.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana dukungan sosial
yang diberikan kepada anak korban kekerasan seksual di UPTD PPA Jember? 2)
Bagaimana faktor-faktor dukungan sosial berkontribusi dalam pemulihan dan
peningkatan kepercayaan diri anak korban kekerasan seksual?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis pemberian dukungan sosial
kepada anak korban kekerasan seksual. 2) Mengidentifikasi faktor-faktor dukungan
sosial yang berkontribusi dalam pemulihan dan peningkatan kepercayaan diri pada
anak korban kekerasan seksual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan dengan memahami data,
menyusun kode, dan mencari tema.
Anak korban kekerasan seksual sering mengalami trauma, ketakutan, dan
hilangnya kepercayaan diri. Dukungan sosial, terutama dari keluarga, sangat
penting dalam proses pemulihan. Bantuan dari teman, lingkungan, dan pendamping
profesional juga memperkuat rasa aman dan percaya diri anak. Dukungan
emosional menjadi yang paling efektif, diikuti dukungan instrumental,
informasional, dan kebersamaan, yang semuanya membantu anak pulih dan
kembali menjalani kehidupan sosialnya dengan lebih percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rasyidah Primadita Anggraini
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:24
Last Modified: 03 Jul 2025 06:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45548

Actions (login required)

View Item View Item