PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH LISTRIK ENERGI ALTERNATIF PADA PELAJARAN IPAS MATERI HEMAT ENERGI KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 JEMBER

Munawaroh, Ni'ma Maulidatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH LISTRIK ENERGI ALTERNATIF PADA PELAJARAN IPAS MATERI HEMAT ENERGI KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Ni'ma Maulida 2025.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang nyata memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar yang mencakup aspek perkembangan fisik, emosi, sosial, dan kognitif. Media pembelajaran visual masih terbatas sehingga guru hanya menggunakan video interaktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan interaktif guna meningkatkan minat serta pemahaman peserta didik. Media pembelajaran rumah listrik energi alternatif hadir sebagai solusi dengan menyajikan alat peraga yang dapat dicoba secara langsung oleh peserta didik. Media tersebut merupakan media 3D yang menggambarkan objek nyata dalam skala ukuran kecil.
Rumusan masalah pada penelitian adalah: (1) Bagaimana Proses pengembangan Media Pembelajaran Rumah Listrik Energi Alternatif pada Pelajaran IPAS materi Hemat Energi Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember? (2) Bagaimana Kelayakan Media Pembelajaran Rumah Listrik Energi Alternatif pada Pelajaran IPAS materi Hemat Energi Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember? (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap media Rumah Listrik Energi Alternatif pada Pelajaran IPAS materi Hemat Energi Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember ?
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Guna mengetaui proses pengembangan media rumah Listrik energi alternatif pada Pelajaran IPAS materi hemat energi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember (2) Guna mengetahui Kelayakan Media Pembelajaran Rumah Listrik Energi Alternatif pada Pelajaran IPAS materi Hemat Energi Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember (3) Guna mengetahui respon peserta didik terhadap media Rumah Listrik Energi Alternatif pada Pelajaran IPAS materi Hemat Energi Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember.
Pengembangan media pembelajaran rumah Listrik energi alternatif menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, tahapannya yaitu: Analysis, design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data yang dikumpulkan dengan observasi, wawancara angket, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran rumah Listrik energi alternatif materi hemat energi kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember. (2) Hasil kelayakan media pembelajaran rumah Listrik energi alternatif yakni uji validasi ahli media 91%, uji validasi ahli materi 93%, dan uji validasi ahli pembelajaran 93% yang berarti masuk kategori sangat layak untuk diuji cobakan. (3) Hasil respon peserta didik terhadap penggunaan media rumah listrik energi alternatif pada pelajaran IPAS kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember mendapat presentase 91,78% dengan kategori layak untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Ni'ma Maulidatul Munawarah
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:36
Last Modified: 03 Jul 2025 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45605

Actions (login required)

View Item View Item