Khairunnisa, Nada (2025) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Poster dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nada Khairunnisa_211101010034.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan media poster dalam penguatan pendidikan karakter siswa. Penguatan pendidikan karakter tidak hanya dapat dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan sekolah secara umum. Proses pembelajaran di dalam kelas juga memiliki potensi besar dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media poster dalam penguatan pendidikan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA Negeri 1 Jember? 2) Nilai-nilai pendidikan karakter apa yang dapat ditanamkan pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media poster dalam penguatan pendidikan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA Negeri 1 Jember? 3) Kendala apa yang dihadapi pada penerapan model pembelajaran
Project Based Learning dengan media poster dalam penguatan pendidikan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMA Negeri 1 Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media poster, wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran, serta siswa-siswi kelas X7, dan dokumentasi pada modul ajar serta proses pembelajaran. Analisis data yang digunakan sesuai yang dicetuskan oleh Miles and Huberman diantaranya kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media poster terdiri dari tiga tahapan yakni tahap perencanaan meliputi penyusunan modul ajar, tahap pelaksanaan meliputi pemberian apersepsi, berkelompok, berdiskusi, monitoring oleh guru, pembuatan dan presentasi proyek berupa media poster, tahap evaluasi difokuskan pada hasil proyek dari masing-masing kelompok. 2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada pembelajaran tersebut adalah nilai karakter religius, nilai karakter kerja sama, nilai karakter tanggung jawab, dan nilai karakter kreativitas, 3) Kendala yang dihadapi pada pembelajaran tersebut diantaranya keterbatasan waktu dan terkendala pada elemen atau ikon yang berbayar dalam aplikasi canva.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190501 Crafts 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Nada Khairunnisa |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:18 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |