Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Cuaca Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Materi Perubahan Cuaca di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pecoro 03, Rambipuji Jember

Amalia, Fitri (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Cuaca Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Materi Perubahan Cuaca di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pecoro 03, Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN Khas.

[img] Text
Fitri Amalia (Skripsi) NEWS 29 Juni (1).pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Fitri Amalia, 2025: Pengembangan media pembelajaran KACU (Kotak Cuaca) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Pada Materi perubahan cuaca di kelas III SDN Pecoro 03, Rambipuji Jember

Kata Kunci: Pengembangan, KACU (Kotak Cuaca), Perubahan Cuaca

Penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk mendukung hasil belajar, terutama pada mata pelajaran IPAS materi perubahan cuaca. Pemahaman ini perlu dikenalkan sejak dini karena berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran ini, peserta didik dapat memahami dampak cuaca terhadap lingkungan dan belajar beradaptasi secara bijak. Proses belajar tanpa media yang tepat sering mengalihkan fokus siswa, sehingga dibutuhkan media yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mereka. Salah satu media yang dikembangkan adalah KACU (Kotak Cuaca) untuk mendukung pembelajaran perubahan cuaca.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Kelayakan Media Pembelajaran Kotak Cuaca (KACU) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pecoro 03?, (2) Bagaimana Keefektifan Media Pembelajaran Kotak Cuaca (KACU) Pada Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pecoro 03?
Tujuan Pembelajaran ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran KACU (Kotak Cuaca) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pecoro 03, (2) Untuk mengetahui keefektifan media Pembelajaran KACU (Kotak Cuaca) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Pecoro 03
Pengembangan media pembelajaran KACU (Kotak Cuaca) menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang mencakup lima tahapan: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil rata-rata kelayakan media dari validator media 94%, validator materi 95%, dan va;idator Bahasa 95%, rata rata dari ketiga validator adalah 94% dengan kategori sangat layak. 2) Dan hasil keefektifan yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest adalah 71% dengan kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada media KACU (Kotak Cuaca) dapat dikategorikan sangat layak dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amalia Fitri
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:32
Last Modified: 03 Jul 2025 08:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45634

Actions (login required)

View Item View Item