Lusianti, Arika (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV DI MIMA 30 BUSTANUL ULUM AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ARIKA LUSIANTI 212101040032 SKRIPSI.pdf - Bibliography Download (11MB) |
Abstract
Arika Lusianti, 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android
Berbantuan Ispring Suite Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud
Benda Kelas IV Di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Ispring Suite, Android, Pelajaran IPAS
Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan tuntutan zaman
dan karakteristik peserta didik agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan
efektif. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan beberapa
kendala dalam pembelajaran, di mana siswa kelas IV masih kurang antusias dan
mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang perubahan wujud benda
karena belum adanya media yang mendukung. Oleh karena itu, media
pembelajaran Ispring Suite digunakan untuk meningkatkan antusiasme dan
membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran tersebut.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah di antaranya: 1) Bagaimana
proses pengembangan media pembelajaran berbasis Android berbantuan Ispring
Suite pada mata pelajaran IPAS materi perubahan wujud benda kelas IV di MIMA
30 Bustanul Ulum Ambulu Jember? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan
media pembelajaran berbasis Android berbantuan Ispring Suite pada mata
pelajaran IPAS materi perubahan wujud benda kleas IV di MIMA 30Bustanul
Ulum Ambulu Jember? 3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran berbasis
Android berbantuan Ispring Suite pada mata pelajaran IPAS materi perubahan
wujud benda kelas IV di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu Jember? Adapun
tujuannya ialah: 1) Untuk Mengetahui Proses Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Android berbantuan Ispring Suite Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di
MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu Jember. 2) Untuk Mengetahui dan
Mendeskripsikan Kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Android berbantuan Ispring Suite Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan
Wujud Benda Kelas IV di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu Jember. 3) Untuk
Mengetahui dan Mendeskripsikan Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis
Android berbantuan Ispring Suite Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan
Wujud Benda Kelas IV di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu Jember.
Metode yang digunakan ialah Research and Development (Penelitian dan
Pengembangan) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation) uji coba skala kecil pada 6 peserta didik dan skala besar pada 28
peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) produk yang dikembangkan adalah
media Ispring Suite mata pelajaran IPAS untuk kelas IV MIMA 30 Bustanul
Ulum Ambulu Jember, 2) adapun kelayakan media Ispring Suite yang telah
dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan, data ini dapat dibuktikan dengan
hasil angket ahli media dengan hasil 96% dan hasil angket ahli materi 95,55%,
serta hasil dari angket pembelajaran 86,66%. Lalu respon peserta didik berjumlah
28 siswa dengan memberikan angket setiap siswanya menunjukkan 93% sehingga
dapat dinyatakan media Ispring Suite sangat layak dan mendapatkan respon yang
baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Arika Lusianti |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |