Salsabil, Shafa (2025) Pengaruh Pemberian Soal Berjenis HOTS pada Materi Sistem Indra Kelas XI MIPA secara Tiba-Tiba terhadap Kemampuan Regulasi Emosi Siswa di MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI SHAFA SALSABIL 212101080024 (BNR).pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan tidak hanya bertujuan mengembangkan kecerdasan intelektual, tetapi juga aspek afektif seperti kemampuan regulasi emosi, sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Regulasi emosi berperan penting dalam membantu siswa menghadapi tekanan akademik, terutama ketika dihadapkan pada soal-soal menantang seperti yang terkategori HOTS (Higher Order Thinking Skills). Hasil pra-observasi di MAN 1 Jember menunjukkan bahwa siswa cenderung merasa cemas dan tidak siap saat diberi evaluasi secara tiba-tiba, mengindikasikan kelemahan dalam regulasi emosinya. Soal HOTS yang diberikan secara tiba-tiba tidak hanya menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi, tetapi juga menjadi stimulus emosional yang mengharuskan siswa memiliki kesiapan kognitif, afektif, hingga psikomotorik yang baik.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemberian soal berjenis HOTS pada materi sistem indra kelas XI MIPA secara tiba-tiba terhadap regulasi emosi siswa di MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemberian soal berjenis HOTS pada materi sistem indra kelas XI MIPA secara tiba-tiba terhadap regulasi emosi siswa di MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi Experiment design dengan bentuk penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik Cluster Random Sampling, terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner (angket). Analisis data menggunakan uji Independent t-Test.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pemberian soal HOTS secara tiba-tiba berdampak berbeda terhadap regulasi emosi siswa pada dua kelompok. Kelas eksperimen yang telah diberikan soal HOTS secara tiba-tiba menunjukan peningkatan skor regulasi emosi secara signifikan, dari rata-rata 53,70 menjadi 61,03, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 53,15 menjadi 55,32. hasil ini diperkuat oleh uji statistik (Independent t-Test) yang menunjukkan nilai signifikansi pada post-angket kedua kelas sebesar 0,000 (< 0,05), sehingga H₀ ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan pemberian penguatan pembelajaran berupa kajian soal HOTS mampu membantu siswa lebih siap secara emosional dalam menghadapi soal HOTS yang diberikan secara tiba-tiba
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Shafa Salsabil |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:48 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |