Rohmah, Syahilatur (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI BAB DAHSYATNYA PESATUAN IBADAH HAJI DAN UMROH KELAS IX DI SMPN 2 SUMBERBARU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Syahilatur Rohmah nim-212101010001.pdf Download (4MB) |
Abstract
Syahilatur Rohmah, 2025: Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Bab Dahsyatnya Persatuan Ibadah Haji dan Umroh Kelas IX di SMPN 2 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: media pembelajaran audio visual, hasil belajar siswa, Pendidikan Agama Islam.
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar. Media pembelajaran mencakup berbagai alat dan bahan, mulai dari buku dan teknologi modern seperti video, komputer, dan platform pembelajaran online.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab dahsyatnya persatuan ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Sumberbaru Jember?. 2) Bagaimana hasil implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab dahsyatnya persatuan ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Sumberbaru Jember?. 3)Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab dahsyatnya persatuan ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Sumberbaru Jember?. Sementara itu tujuan penelitiannya adalah: 1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab dahsyatnya persatuan ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Sumberbaru Jember. 2)Untuk mendeskripsikan hasil implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab dahsyatnya persatuan ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Sumberbaru Jember. 3)Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab dahsyatnya persatuan ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Sumberbaru Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, lokasi penelitian dilakukan di sekolah SMPN 2 Sumberbaru Jember, Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Langkah-langkah implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan budi pekerti di kelas IX SMPN 2 Sumberbaru Jember yaitu : a) Pendahuluan memberikan salam apresiasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran, b) Guru memastikan ketersedian perangkat seperti proyektor, LCD dan sistem audio, c) Mengkoordinir siswa, d) Pemutaran video, e) Aktivitas lanjutan seperti diskusi bersama, dan f) Evaluasi. 2) Hasil implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan budi pekerti di kelas IX SMPN 2 Sumberbaru Jember yaitu: a) Memperdalam pemahaman materi, b) Meningkatkan hasil belajar siswa. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan budi pekerti di kelas IX SMPN 2 Sumberbaru Jember yaitu: a) Faktor pendukung yang meliputi faktor guru, faktor siswa, faktor bahan ajar, faktor sarana dan prasarana. b)Faktor pengahambatnya meliputi faktor guru, faktor siswa, dan faktor sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Syahilatur Rohmah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 05:29 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 05:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |