Rifqi Bachtiar, Moh Alek (2025) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-HIKMAH MUNCAR BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
watermak.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti mengenai penerapan model
Project Based Learning pada mata pelajaran PAI pada siswa yang mana Pada penerapan model PBL ini, kegiatan pembelajaran tidak hanya terfokus pada guru, sehingga membutuhkan banyak partisipasi dari peserta didik itu sendiri. Dari hal tersebut, pembelajaran tidak pasif karena pembelajaran dilakukan dengan keterlibataan peserta didik melalaui beberapa tahapan yang dapat dilaksanakan secara individu dan berkelompok, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif. Dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk mencoba mengkaji lebih dalam mengenai penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti pada siswa kelas XI di SMA Al- Hikmah Muncar Banyuwangi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana Penerapan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Al-Hikmah Muncar Banyuwangi? 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat Penerapan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Al-Hikmah Muncar Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1). Penerapan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Al-Hikmah Muncar Banyuwangi 2). faktor pendukung dan penghambat Penerapan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Al-Hikmah Muncar Banyuwangi.
Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Untuk dapat dengan mudah dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles, Huberman dan Saldana. Dengan langkah berikut: kondensasi data, Penyajian data dan Menarik kesimpulan. Untuk dapat memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: 1). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti pada siswa kelas XI yaitu terdapat beberapa tahapan diantaranya tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atau penilaian. 2). faktor pendukung dan penghambat Penerapan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI di SMA Al- Hikmah Muncar Banyuwangi yakni dukungan sekolah, ketersediaan sumber belajar yang memadai, serta antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Kata kunci Penerapan, Project Based Learning, Pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Depositing User: | Moh alek Rifqi bachtiar |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 05:31 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 05:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |