PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN MELALUI PENGGUNAAN GADGET PADA PESERTA DIDIK DI SMK SHOFA MARWA PAKUSARI JEMBER

Arwan, Bulgini (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN MELALUI PENGGUNAAN GADGET PADA PESERTA DIDIK DI SMK SHOFA MARWA PAKUSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Skripsi_Bulgini Arwan T30181360 Watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bulgini Arwan, 2025. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an melalui
penggunaan Gadget pada peserta didik di SMK Shofa Marwa Pakusari Jember
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Al-Qur‟an, Gadget, Pembelajaran, Studi
Kasus, Motivasi Belajar.
Gadget, sebagai perangkat canggih dengan beragam aplikasi untuk berita,
informasi, sosialisasi, hobi, dan hiburan, kini menjadi kebutuhan penting bagi
berbagai kalangan, termasuk bisnis dan pendidikan. Ironisnya, penggunaannya
meluas hingga anak-anak usia dini yang seharusnya belum layak, meskipun
beberapa orang tua memanfaatkannya untuk pendidikan agama. Di sisi lain,
penggunaan gadget yang intens dapat memicu perubahan pola hidup dan bahkan
kesenjangan sosial, termasuk akses mudah ke konten negatif, dengan remaja
menjadi kelompok pengguna terbanyak. Selayaknya yang digunakan oleh siswa di
SMK Shafa Marwa Pakusari Kabupaten Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah aktivitas guru
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SMK Shofa Marwa
Pakusari Jember melalui penggunaan Gadget, dan 2) Adakah peningkatan
kemampuan siswa dalam penggunaan Gadget untuk membaca Al-Qur‟an siswa
SMK Shofa Marwa Pakusari Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an bagi siswa SMK Shofa Marwa
Pakusari Jember melalui penggunaan Gadget, dan 2) untuk mengetahui
peningkatan siswa dalam penggunaan Gadget untuk membaca Al-Qur‟an dengan
benar bagi siswa SMK Shofa Marwa Pakusari Jember
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terhadap siswa
kelas XI dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik analisis data
penelitian ini bersifat deskriptif, yakni menganalisis pengaruh penggunaan gadget
terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada peserta didik di
SMK Shofa Marwa Pakusari Jember.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Aktifitas guru sebagai
fasilitator yang membimbing peserta didik dalam menggunakan gadget,untuk
meningkatkan kemampuan baca Al-Qur‟an 2) Setelah penggunaan aplikasi AlQur'an digital interaktif dan video tutorial, terjadi peningkatan yang signifikan
dalam kemampuan pelafalan, pemahaman tajwid, dan kelancaran membaca, serta
peningkatan motivasi dan minat belajar Al-Qur‟an, Serta penggunaan gadget
sebagai media pembelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur‟an, dengan catatan perlu diperhatikan kualitas
aplikasi, desain pembelajaran, peran guru sebagai fasilitator, dan motivasi siswa
untuk mencapai hasil yang optima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Bulgini Arwan
Date Deposited: 03 Jul 2025 14:16
Last Modified: 03 Jul 2025 14:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45711

Actions (login required)

View Item View Item