Mustika, Ria (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUTOPLAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS KELAS VII DI SMP ARGOPURO 02 SUCI PANTI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
REVISI RIA FIX BANGET.pdf Download (33MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ria Mustika, 2025: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Autoplay Terhadap Motivasi Belajar Siswa IPS Kelas VII di SMP Argopuro 02 Suci Panti Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Autoplay, Motivasi Belajar
Motivasi belajar memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan akademik. Namun, peneliti menemukan bahwasannya siswa menghadapi kendala terkait rendahnya motivasi belajar utamanya di SMP Argopuro 02 Suci Panti. Seperti siswa yang sering mengantuk ketika pembelajaran dikelas dan siswa merasa bosan saat penerimaan materi. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengatasinya melalui berbagai pendekatan, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran. Integrasi teknologi dalam media pembelajaran sangat bermanfaat terutama dalam membangun motivasi mereka selama kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah interaktif autoplay, yang berfungsi untuk mendukung dan meningkatkan efektivitas proses belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif autoplay terhadap motivasi belajar siswa IPS kelas VII di SMP Argopuro 02 Suci Panti Tahun Pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian tersebut dirumuskan berdasarkan fokus penelitian yaitu: Apakah ada pengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif autoplay terhadap motivasi belajar siswa IPS kelas VII di SMP Argopuro 02 Suci Panti Tahun Pelajaran 2024/2025?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian ini adalah non equivalent pretest-posttest control group design. Terdiri dari kelas eksperimen, kelas kontrol, dan juga kelas konstruk. Dengan menggunakan purposive sampling, peneliti menentukan subyek penelitian. Terdiri dari siswa kelas VII di SMP Argopuro 02 Suci Panti, yakni kelas VII A dan VII B. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket, observasi, wawancara. Uji Validitas menggunakan SPSS statistik versi 30. Validitas Isi diperoleh dari validasi para ahli yaitu dosen. Validitas konstruk menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan analisis Uji T, dalam penelitian ini Uji T yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk pada taraf signifikansi 5% (0,05). Uji homogenitas data menggunakan Uji- F. Kriteria uji homogenitas jika nilai (sig.) >0,05. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil angket dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji Independent Sample T-test dengan menggunakan SPSS For Windows Versi 30.
Berdasarkan hasil posttets menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000<0,05 Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini mengidentifikasikan bahwa terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar siswa ketika diterapkannya media pembelajaran autoplay. Ketika diuji dengan menggunakan effect size cohen's d hasil menunjukkan 1,09 yang mengindikasikan bahwasannya pengaruh dari media tersebut terhitung memiliki efek tinggi. Hal ini didukung dengan kondisi saat diterapkannya media autoplay di kelas eksperimen siswa cenderung memiliki atensi yang tinggi, dan siswa cenderung fokus pada pembelajaran. Siswa juga antusias dan menyukai media pembelajaran yang memiliki gambar, suara, serta teks yang bisa membuat siswa tertarik dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Ria Mustika |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 15:13 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 15:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |