Prihartini, Puji (2025) PENDAYAGUNAAN MICRO INFLUENCER SEBAGAI PERTIMBANGAN PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMILIH PRODUK KULINER KAKI LIMA DI KOTA JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Puji Prihartini.pdf Download (4MB) |
Abstract
Puji Prihartini, Fauzan 2025 : Pendayagunaan Micro Influencer Sebagai Pertimbangan Perilaku Konsumen Muslim Dalam Memilih Produk Kuliner Kaki Lima di Kota Jember
Kata Kunci : Konsumen Muslim, Produk Kuliner, Micro Influencer.
Fenomena yang terjadi dalam industri kuliner kaki lima di Kabupaten Jember menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dan media sosial telah mengubah cara konsumen memilih dan membeli makanan, khususnya di kalangan konsumen Muslim. Micro influencer di media sosial, seperti Instagram dan TikTok, menjadi perantara yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan menyebarkan informasi tentang produk kuliner, termasuk memastikan kehalalannya. Fenomena ini juga mencerminkan perubahan perilaku konsumen, di mana mereka semakin bergantung pada rekomendasi dan ulasan digital untuk menentukan pilihan produk yang sesuai dengan prinsip syariah.
Penelitian ini berfokus pada dua tujuan. Yang pertama bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengaruh keputusan pembelian konsumen muslim pada produk kuliner kaki lima di Kota Jember. Kedua, untuk mendeskripsikan manfaat yang diperoleh konsumen muslim dari rekomendasi micro influencer dalam memilih produk kuliner kaki lima di Kota Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami fenomena secara menyeluruh dan mendalam tentang pengaruh micro influencer sebagai pertimbangan pertimbangan perilaku konsumen muslim dalam memilih produk kuliner kaki lima di Kota Jember. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari hasil wawancara secara langsung yang telah dipilah sesuai dengan fokus penelitian.
Hasil Pertama penelitian ini bahwasannya micro influencer dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Muslim terhadap produk kuliner kaki lima di Kota Jember. Kedua Penggunaan micro influencer memberikan manfaat signifikan bagi konsumen Muslim, karena mereka dapat memperoleh informasi yang akurat dan terkini tentang produk kuliner kaki lima yang halal dan sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Puji Prihartini |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 15:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 15:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |