PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM FOOD COURT A.YANI SINGARAJA BALI

Sari, Erika Novita (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM FOOD COURT A.YANI SINGARAJA BALI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi erika WM.pdf

Download (6MB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya makanan halal serta peran nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku konsumsi, terutama di kalangan konsumen muslim. Religiusitas dan persepsi halal merupakan faktor-faktor yang penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen muslim.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali? 2) Apakah persepsi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali? 3) Apakah religiusitas dan persepsi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian pada UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi
halal terhadap keputusan pembelian pada UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitas dan persepsi halal terhadap keputusan pembelian pada UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 101 responden yang merupakan konsumen muslim UMKM Food Court A.Yani di Singaraja Bali. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Religiusitas tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali 2) Persepsi halal berpengaruh signifikan secara
parsial terhadap keputusan pembelian UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali 3) Religiusitas dan persepsi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian UMKM Food Court A.Yani Singaraja Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Erika Novita Sari
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:16
Last Modified: 04 Jul 2025 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45892

Actions (login required)

View Item View Item