Jannah, Sahawatul (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGATASI BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI ATUL FIX NEW .pdf Download (3MB) |
Abstract
Manajemen bisa disebut dengan suatu proses yang direncanakan dalam sebuah Kerjasama, ketertlibatan dan berpartisipasi beberapa orang dalam mewujudkan sebuah tujuan dan sasaran tertentu yang dibentuk secara baik. Manajemen kesiswaan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kegiatan pembentukan karakter, dan sikap peserta didik dimadrasah hal ini disebabkan karena manajemen kesiswaan yang akan mengatur dan mengelolah semua kegiatan dan Tindakan peserta didik.
Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pengelolaan kesiswaan mengatasi bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kesiswaan mengatasi bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember? (3) Bagaimana evaluasi pengelolaan kesiswaan dalam mengatasi bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember?
Tujuan dari Penelitian ini adalah :(1) Guna mengetahui perencanaan pengelolaan kesiswaan mengatasi bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. (2) Guna mengetahui pelaksanaan pengelolaan kesiswaan mengatasi bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. (3) Guna mengetahui evaluasi pengelolaan kesiswaan dalam mengatasi bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif. Dengan Lokasi penelitian yaitu di Madrsah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Teknik analisis data Miles Huberman Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil pada penelitian ini yaitu: (1) Dalam perencanaan manajemen kesiswaan membangun lingkungan sekolah yang positif, membentuk kelompok atau penanggung jawab anti bullying, dan Menyusun kebijakan anti bullying yang tegas. (2) Pelaksanaan yang dilakukan manajemen kesiswaan yaitu memanggil anak yang terlibat kasus bullying, Mendatangkan pihak kepolisian atau babinsa untuk bersosialisasi tentang bullying, memasang poster anti bullying, dan memberikan nasihat secara langsung. (3) Pada tahap evaluasi manajemen kesiswaan melakukan rapat mingguan, bulanan dan akhir semester, Dimana dalam rapat tersebut membahas tentang attitude, dan sikap disiplin peserta didik Bersama seluruh dewan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Sahawatul Jannah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 03:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |