Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama’ Padomasan Jombang Jember Tahun Ajaran 2024/2025.

Alamsyah, Muhammad Firman Nur (2025) Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama’ Padomasan Jombang Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIRMAN NUR ALAMSYAH SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Media, Puzzle Rantai Makanan, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Fakta yang dijumpai pada saat ini sebagian guru Sekolah Dasar masih banyak menggunakan model konvensional dalam menyampaikan materi kepada siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang tersedia. Berdasarkan observasi di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama’ Padomasan terdapat permasalahan pada kegiatan belajar mengajar di kelas yang belum maksimal, hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpacu menggunakan metode ceramah maupun mengerjakan soal-soal yang ada di buku dan lembar kerja peserta didik sehingga pembelajaran dikelas tidak aktif dan menyebabkan kurangnya konsentrasi pada peserta didik dsehingga diper
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1.Bagaimana proses pengembangan media Puzzle Rantai Makanan Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial Kelas V di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama’Padomasan Kabupaten Jember? 2.Bagaimana kelayakan media Puzzle Rantai Makanan Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial Kelas V di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama’Padomasan Kabupaten Jember?.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah : 1.Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pengembagan media Puzzle rantai makanan untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial kelas V di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama’ Padomasan Jombang Kabupaten Jember 2.Untuk mengetahui dan mendeksripsikan kelayakan media Puzzle rantai makanan untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial kelas V di Sekolah Dasar Nahdatul Ulama’ Padomasan Jombang Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dikembangkan yaitu media Puzzle rantai makanan dalam ekosistem dengan proses pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation), 2) Analisis ahli media menunjukkan presentase sebesar 90,9%, ahli materi 92,8% dan ali pembelajaran IPAS sebesar 94% Secara keseluruhan analisis dari para ahli media menunjukkan presentase sebesar 92,3% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Muhammad Firman Nur Alamsyah
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:30
Last Modified: 04 Jul 2025 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45907

Actions (login required)

View Item View Item