Pengembangan Media Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di MI Intisyarul Ulum Annur Probolinggo Tahun Ajaran 2024/2025

Meriani Hartati, Edifa (2025) Pengembangan Media Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di MI Intisyarul Ulum Annur Probolinggo Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Edifa Meriani Hartati_T20194057.pdf

Download (21MB)

Abstract

Edifa Meriani Hartati 2025: Pengembangan Media Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di MI Intisyarul Ulum Annur Probolinggo Tahun Ajaran 2024/2025

Kata Kunci : Pengembangan, Media Fun Thinkers Book, Pembelajaran IPAS

Pemilihan media pembelajaran tentunya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan zaman dan karakteristik peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Akan tetapi, berdasarkan observasi dan wawancara, dalam pembelajaran ditemukan sejumlah kendala yakni peserta didik di kelas IV masih minim antusias dan kesulitan karena belum adanya media yang memungkinkan. Oleh sebab itu, media pembelajaran Fun Thinkers Book digunakan untuk dapat menarik antusias dan membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada pembelajaran IPAS kelas IV di MI Intisyarul Ulum Annur Probolinggo?2. Bagaimana Kelayakan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada pembelajaran IPAS kelas IV di MI Intisyarul Ulum Annur Probolinggo?
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah: 1. Menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran Fun Thinkers book pada pembelajaran IPAS Kelas IV MI Intisyarul Ulum Annur Probolinggo 2. Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada pembelajaran IPAS Kelas IV MI Intisyarul Ulum Annur Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik, pengetahuan yang bersifat kompleks, dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu 1. Produk yang dikembangkan yaitu media Fun Thinkers Book mata pelajaran IPAS kelas IV MI Intisyarul Ulum Annur yang berisi gambar dan penjelasan tantang berbagai macam pekerjaan, 2. Hasil dari analisis para ahli media menunjukkan presentase 86% dan ahli materi yakni 90% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160401 Economic Geography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms EDIFA MERIANI
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:02
Last Modified: 04 Jul 2025 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45959

Actions (login required)

View Item View Item