Dwi Prasetiyo, Fadia (2025) Upaya Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG) Dalam Meningkatkan 7 Dimensi Pemahaman Lansia Di BKL Pasti Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
FADIA DWI PRASETIYO.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci : Upaya Sekolah Lansia Tangguh, 7 Dimensi Lansia, BKL Pasti
Program Sekolah Lansia Tangguh SELANTANG adalah pendidikan nonformal yang memberdayakan lansia melalui pendekatan tujuh dimensi yakni dimensi spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial, vokasional, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menganalisis upaya program dalam meningkatkan
pemahaman lansia di BKL Pasti, Kecamatan Kaliwates, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana upaya program SELANTANG dalam meningkatkan 7 dimensi pemahaman lansia di BKL Pasti Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?. 2) Apakah ada faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi keberhasilan program lansia di BKL Pasti Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis upaya program Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG) dalam meningkatkan 7 dimensi pemahaman lansia di BKL Pasti Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi jalannya program SELANTANG di BKL Pasti Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari pembina, penyuluh, kader, dan peserta lansia program SELANTANG. Kemudian, Teknik analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG) di BKL Pasti telah melakukan berbagai upaya terstruktur dalam meningkatkan pemahaman lansia terhadap tujuh dimensi kehidupan. Pembelajaran disampaikan secara sederhana, aplikatif, dan melibatkan praktisi ahli. Lansia menunjukkan keterlibatan aktif dan respons positif. Keberhasilan program didukung oleh peran keluarga, semangat peserta, dan dukungan lintas sektor, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu lansia dan kesiapan kader.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Fadia Dwi Prasetiyo |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 04:04 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 04:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |