Peran diversifikasi Produk dalam meningkatkan mitigasi risiko pada rumah batik rolla jember

Kamila, Husnul (2025) Peran diversifikasi Produk dalam meningkatkan mitigasi risiko pada rumah batik rolla jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Husnul Kamila_214105020009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 4 January 2026.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB)

Abstract

Husnul Kamila, Dr. Munir Is’adi., SE., M.Akun 2025 : Peran diversifikasi Produk dalam meningkatkan mitigasi risiko pada rumah batik rolla jember.
Kata Kunci: Diversifikasi Produk, Mitigasi Risiko, UMKM, Batik Rolla, Strategi Bisnis
Industri batik memiliki peran strategis dalam perekonomian kreatif Indonesia, namun tidak terlepas dari berbagai risiko seperti fluktuasi permintaan pasar, perubahan tren konsumen, serta ketergantungan pada pasokan bahan baku. Rumah Batik Rolla Jember, sebagai bagian dari sektor UMKM, turut menghadapi tantangan tersebut dalam upayanya menjaga stabilitas dan keberlanjutan usaha di tengah dinamika pasar yang terus berkembang.Oleh karena itu, diversifikasi produk menjadi strategi penting untuk memitigasi risiko tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1). Apa saja bentuk diversifikasi produk yang dilakukan oleh Rumah Batik Rolla Jember?. 2). Bagaimana penerapan diversifikasi produk dalam mengelola risiko bisnis?. 3). Bagaimana bentuk mitigasi risiko yang diterapkan oleh Rumah Batik Rolla Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui bentuk diversifikasi produk yang dilakukan oleh rumah Batik Rolla Jember. 2). Untuk mengetahui penerapan diversifikasi produk yang dilakukan oleh Rumah Batik Rolla Jember. 3). Untuk mengetahui bentuk mitigasi risiko yang telah diterapkan oleh Rumah Batik Rolla Jember dalam menghadapi tantangan operasional dan pasar.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis secara tematik dan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1). Rumah Batik Rolla menerapkan diversifikasi produk melalui program One Day One Design, yaitu strategi menghadirkan desain batik baru setiap hari untuk menjaga variasi dan menarik minat konsumen. Selain itu, diversifikasi juga dilakukan melalui pengembangan produk turunan pakaian jadi, dan aksesori. Produk-produk tersebut menggunakan motif khas Jember yang unik dan bernilai budaya, seperti motif tembakau, tanjung, dan jagung. Strategi ini tidak hanya memperluas pasar, tetapi juga memperkuat identitas lokal dan meningkatkan nilai jual produk.2). Strategi diversifikasi produk di Rumah Batik Rolla dilakukan melalui pendekatan inovatif dengan menciptakan desain yang mengikuti tren, memperluas variasi produk, dan memanfaatkan media digital untuk pemasaran. Adaptasi terhadap kebutuhan pasar memungkinkan jangkauan konsumen yang lebih luas dan mengurangi ketergantungan pada satu jenis produk, sehingga membantu menjaga stabilitas usaha.. 3). Diversifikasi produk terbukti efektif dalam meningkatkan mitigasi risiko dengan memperkuat ketahanan usaha terhadap fluktuasi permintaan pasar dan risiko operasional. Strategi ini juga berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan bisnis jangka panjang, sejalan dengan prinsip ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: sis Husnul Kamila
Date Deposited: 04 Jul 2025 16:30
Last Modified: 04 Jul 2025 16:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45968

Actions (login required)

View Item View Item