Pengembangan Media Pemelajaran KOPI (Koper Pintar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengkuran Panjang dan Berat di Kelas III MIMA Condro Jember

Priyanti, Putri Widy (2025) Pengembangan Media Pemelajaran KOPI (Koper Pintar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengkuran Panjang dan Berat di Kelas III MIMA Condro Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Widy Priyanti. 212101040049. Skripsi Final.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Koper Pintar, Pengukuran Panjang dan Berat, Matematika
Pemilihan media pembelajaran yang tepat perlu mempertimbangkan karakteristik peserta didik serta tuntutan kurikulum yang berlaku agar proses pembelajaran berlangsung aktif, menyenangkan, dan bermakna. Namun, hasil observasi awal di kelas III MIMA Condro Jember menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep pengukuran panjang dan berat karena terbatasnya media konkret dan rendahnya keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, dikembangkan media pembelajaran KOPI (Koper Pintar) sebagai media konkret interaktif yang memuat spinner, flashcard, papan tangga konversi, alat ukur panjang dan berat dan buku panduan yang dirancang untuk mendukung pemahaman konsep pengukuran panjang dan berat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana validitas media pembelajaran KOPI (Koper Pintar) pada mata pelajaran Matematika materi pengukuran panjang dan berat di kelas III MIMA Condro Jember? 2) Bagaimana efektivitas media pembelajaran KOPI (Koper Pintar) pada mata pelajaran Matematika materi pengukuran panjang dan berat di kelas III MIMA Condro Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1)Untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran KOPI (Koper Pintar) pada mata pelajaran Matematika materi pengukuran panjang dan berat di kelas III MIMA Condro Jember. 2) Untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran KOPI (Koper Pintar) pada mata pelajaran Matematika materi pengukuran panjang dan berat di kelas III MIMA Condro Jember.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji skala kecil pada 6 peserta didik dan uji skala besar pada 22 peserta didik. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket validasi, tes pretest dan posttest, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran KOPI dinyatakan sangat valid dengan persentase rata-rata dari tiga validator sebesar 90%, meliputi ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, 2) media KOPI terbukti efektif berdasarkan hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai N-Gain sebesar 0,76 yang termasuk dalam kategori peningkatan tinggi. Dengan demikian, media pembelajaran KOPI valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi pengukuran panjang dan berat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Putri Widy Priyanti
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:20
Last Modified: 04 Jul 2025 04:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45976

Actions (login required)

View Item View Item