IMPLEMENTASI METODE IQRO’ BIL QOLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN TARTIL KELAS VIIB MADRASAH TSANAWIYAH ASHRI JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025

Najah, Safinatun (2025) IMPLEMENTASI METODE IQRO’ BIL QOLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN TARTIL KELAS VIIB MADRASAH TSANAWIYAH ASHRI JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
One, Nana.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Iqro’ Bil Qolam dan pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an pada mata pelajaran Tartil siswa kelas VIIB Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember tahun ajaran 2024/2025, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode Iqro’ Bil Qolam merupakan pendekatan menulis Al-Qur'an dengan teknik Follow The Line yang mengintegrasikan aktivitas membaca dan menulis secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta didukung triangulasi sumber dan teknik untuk keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Iqro’ Bil Qolam secara rutin dan konsisten sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswi, terlihat dari peningkatan daya ingat, kualitas bacaan tajwid, dan pembentukan karakter disiplin, ketelitian, serta tanggung jawab. Proses menulis Al-Qur'an juga menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur'an dan motivasi belajar. Faktor pendukung meliputi komitmen lembaga, dukungan guru dan wali kelas, ketersediaan mushaf khusus, lingkungan pesantren yang kondusif, dan kebiasaan menulis yang disiplin. Sementara itu, faktor penghambat mencakup perbedaan latar belakang siswi, motivasi internal yang rendah, keterbatasan waktu, dan kelelahan fisik. Meskipun demikian, berbagai hambatan berhasil diatasi melalui strategi adaptif, menjadikan metode ini inovasi pembelajaran Al-Qur'an yang holistik dan aplikatif.
Kata Kunci: Iqro’ Bil Qolam, Menghafal Al-Qur’an, Mata Pelajaran Tartil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Safinatun Najah
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:38
Last Modified: 04 Jul 2025 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45982

Actions (login required)

View Item View Item