Amalia, Syarifah (2025) Pengaruh Kemudahan Akses, Kenyamanan, Dan Keamanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
WATERMAK SKRIPSI SYARIFAH AMALIA FIKS 2025[1].pdf Download (7MB) |
Abstract
Teknologi informasi saat ini, khususnya pada sistem komputer yang menyediakan transaksi untuk pelaku ekonomi perbankan berupaya untuk meningkatkan sebuah layanan yang lebih mudah dan cepat dalam penggunaannya. Kemudahan dan kenyamanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat nasabah untuk menggunakan mobile banking. Karena dengan faktor tersebut nasabah dapat merasakan kenyamanan saat melakukan transaksi menggunakan mobile banking. Demi kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan tersebut bank akan memberikan fitur yang mudah dan aman semaksimal mungkin.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah faktor kemudahan akses berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada BSI Cabang Jember? 2) Apakah faktor kenyamanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada BSI Cabang Jember? 3)Apakah faktor keamanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada BSI Cabang Jember? 4) Apakah faktor kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada BSI Cabang Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel kemudahan akses berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada BSI Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel kenyamanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada BSI Cabang Jember. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel keamanan dapat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada BSI Cabang Jember. 4) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah variable kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada BSI Cabang Jember.
Metode penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik sensus yang diikuti ole 100 orang responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan alat uji regresi linier berganda dan uji hipotesis, pada penelitian ini menggunakan uji t , uji f dan uji determinasi.
Hasil penelitian tersebut memperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemudahan akses tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. 2) Kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. 3) Keamanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. 4) kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan mobile banking berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah BSI KCP Gajah Mada Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Syarifah Amalia |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 04:40 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 04:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |