Implementasi Program Adiwiyata Eco Ranger Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang

Alifia, Filia Rima (2025) Implementasi Program Adiwiyata Eco Ranger Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FILIA RIMA ALIFIA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sekolah memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai lingkungan melalui program pendidikan, seperti Adiwiyata. Mengingat tantangan lingkungan yang semakin kompleks, penelitian ini mengeksplorasi implementasi program Adiwiyata Eco Ranger dalam meningkatkan kesadaran dan tindakan peduli lingkungan siswa pada pengembangan karakter dan integrasi nilai-nilai lingkungan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1.) apa saja program-program Adiwiyata Eco Ranger di MTsN 1 Lumajang, 2.) bagaimana implementasi Program Adiwiyata Eco Ranger di MTsN 1 Lumajang dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa, 3.) bagaimana relevansi karakter peduli lingkungan dengan pembelajaran IPS di MTsN 1 Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program adiwiyata Eco Ranger di MTsN 1 Lumajang, menganalisis implementasi Program Adiwiyata Eco Ranger di MTsN 1 Lumajang dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa, menganalisis relevansi karakter peduli lingkungan dengan pembelajaran IPS di MTsN 1 Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi (partisipatif dan non partisipatif) serta dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling ( Kepala madrasah, waka kurikulum, pembina Eco Ranger, Guru IPS, siswa kelas VII, VIII,IX yang aktif ikut organisasi dan Dinas Lingkungan Hidup). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa: program-program Adiwiyata Eco Ranger di MTsN 1 Lumajang ada 9 program antara lain: bersih-bersih Lingkungan, latihan menyangkok dan pembibitan, melepaskan burung dan ikan, pembuatan pupuk kompos, penghijauan, diklat konservasi, pengumpulan botol dari kelas, pembuatan tempat pembibitan, dan mengikuti kegiatan lembaga/instansi lain, sedangkan implementasi program Adiwiyata Eco Ranger melalui tiga tahap utama: perencanaan telah terintegrasi dalam RPP seluruh mapel, pelaksanaan (pembiasaan diri membuang sampah pada tempatnya, pembersihan lingkungan madrasah dan piket sesuai jadwalnya), dan evaluasi (rapat satu bulan sekali dengan tim adiwiyata dan dilakukan assesment dalam (P5RA), hasil penelitian yang terakhir relevansi karakter peduli lingkungan dengan IPS yakni mendorong siswa untuk berpikir kritis tentang dampak sosial dan ekonomi dari kerusakan lingkungan melalui kegiatan lingkungan yang selalu melibatkan siswa secara aktif seperti pada saat pembelajaran di kelas dan adanya tugas proyek P5RA.

Kata Kunci : Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Filia Rima Alifia
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:44
Last Modified: 04 Jul 2025 04:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46004

Actions (login required)

View Item View Item