Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswi Melalui Ekstrakurikuler Retorika Tiga Bahasa Di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Rambipuji Jember

Handani, Lusi Agustuti (2025) Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswi Melalui Ekstrakurikuler Retorika Tiga Bahasa Di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUSI AGUSTUTI HANDANI skripsi watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lusi Agustuti Handani, 2025: Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Bakat Siswi Melalui Ekstrakurikuler Retorika Tiga Bahasa di Madrasah Tsnawiyah Annuriyah Rambipuji Jember

Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Bakat Siswi, Ekstrakurikuler Retorika Tiga Bahasa.
Manajemen kesiswaan merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan karena berkaitan langsung dengan pembinaan dan pengembangan peserta didik agar mereka dapat berkembang secara optimal, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Ekstrakurikuler memiliki peran penting dalam pendidikan karena tidak hanya menjadi wadah pengembangan bakat dan minat siswa, tetapi juga membentuk karakter, keterampilan sosial, dan kesiapan mereka dalam menghadapi dunia nyata
Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencaan kesiswaan dalam Mengembangkan bakat siswi melalui Ekstrakurikuler Retorika Tiga Bahasa di Madrasah Tsanawiyah Annuriyah Rambipuji Jember? 2) Bagaiamana Pembinaan kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswi melalui ekstrakurikuler Retorika tiga bahasa di Madrasah Tsanawiyah Annuriyah Rambipuji Jember? 3) Bagaimana evaluasi kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswi melalui Ekstrakurikuler Retorika tiga bahasa di Madrasah Tsanawiyah Annuriyah Rambipuji Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan perencaan kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswi melalui ekstrakurikuler retorika tiga bahasa di Madrasah Tsanawiyah Annuriyah Rambipuji Jember 2) Untuk Mendeskripsikan Pembinaan kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswi melalui ekstrakurikuler retorika tiga bahasa di Madrasah Tsanawiyah Annuriyah Rambipuji Jember 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswi melalui ekstrakurikuler retorika tiga bahasa di Madrasah Tsanawiyah Annuriyah Rambipuji Jember
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisi kualitatif model interaksi miles, huberman dan saldana degan 4 tahap: 1) pengumpulan data, 2) kondensasi data, 3) penyajian data 4) penarikan kesimpulan/ verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswi melalui ekstrakurikuler Retorika Tiga Bahasa di MTs Annuriyah Rambipuji Jember di lakukan melalui 1) Perencanaan melalui lima tahapan yaitu: rekrutmen, seleksi, orientasi, dan penempatan.2) Pembinaan melalui tiga pendekatan yaitu: informatif, partisipatif, dan eksperiensial. 3)Evaluasi dilaksanakan dalam dua bentu yaitu: evaluasi peserta dengan pendekatan formatif, dan evaluasi program menggunakan model CIPP (context, Input, Proces, Product)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lusi Agustuti Handani
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:50
Last Modified: 04 Jul 2025 05:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46069

Actions (login required)

View Item View Item