Andika, Mukhammad Mahdi (2025) PENGUATAN AKIDAH ISLAM AHLUSSUNAH WALJAMA’AH MELALUI PEMBELAJARAN KITAB AL-AQIDAH ATH-THOHAWIYYAH KARYA ABU JA’FAR ATH-THOHAWI DI MASJID BAITURROHIM WONOREJO PASURUAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
New Skripsi Watermark M. Mahdi Andika T20181415.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan ektrimisme di beberapa waktu terakhir menjadi salah satu permasalahan penting yang harus dihadapi oleh semua manusia. Pemahaman ekstrimisme ini dapat berdampak sangat berat untuk kehidupan seperti adanya pemahaman yang tidak sesuai dengan ajaran Agama Islam. Salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan tersebut dengan menguatkan penanaman akidah. Telah berbagai cara untuk mengupayakan peningkatan akidah islam dimasyarakat melalui kegiatan pembelajaran pengajian akidah ahlussunah waljamaah menggunakan kitab klasik yagn diadakan di masjid-masjid. Adapun salah satu kitab yang mengutip pembahasan mengenai pembelajaran akidah ahlussunah waljamaah ini melalui kitab Al-Aqidah Ath-Thohawiyyah Karya Abu Ja’far Ath-Thohawi.
Adapun fokus penelitian yang digunakan antara lain 1) Bagiamana penguatan akidah islam Ahlussunah Waljama’ah melalui pembelajaran kitab Al-Aqidah Ath-Thohawiyyah karya Abu Ja’far Ath-Thohawi di Masjid Baiturrohim Wonorejo Pasuruan? dan 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung kegiatan penguatan akidah Islam Ahlussunah Waljamaah di Masjid Baiturrohim Wonorejo Pasuruan?
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif berjenis field research dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan penelitian lapangan adalah penelitian yang digunakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dalam penentuan subjek penelitian serta observasi, wawancara dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan daam penelitian ini
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini antara lain Masjid Baiturrohim Wonorejo Pasuruan secara aktif mengembangkan ajaran Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah (Aswaja) melalui pembelajaran kitab klasik Al-‘Aqidah At-Thohawiyyah. Kegiatan ini bertujuan memperkuat fondasi keimanan jamaah agar tidak terpengaruh paham ekstrem dan radikal. Kitab ini memuat prinsip-prinsip keimanan berdasarkan pemahaman ulama salaf, khususnya Asy’ariyah dan Maturidiyah. Pembelajaran dilakukan secara rutin dengan pendekatan kombinatif antara metode klasik (ceramah, sorogan, penjelasan teks) dan metode interaktif (diskusi, tanya jawab, penalaran kontekstual). Nilai-nilai Aswaja yang ditekankan meliputi tawassuth (moderat), tasamuh (toleransi), ta’adul (keadilan), tawazun (keseimbangan. Pengajaran ini tidak hanya bersifat kognitif, tetapi juga diamalkan melalui kegiatan keagamaan seperti istighotsah, tahlil, dan sholawatan. Meski menghadapi sejumlah hambatan teknis dan partisipatif, pembelajaran ini terbukti memberikan dampak positif terhadap penguatan akidah dan perilaku keagamaan jamaah yang lebih toleran, aktif, dan kontekstual sesuai nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mukhammad Mahdi Andika |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:05 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |