Umiana, Cut Wima (2025) PERAN GURU MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN PADA SISWA KELAS VII MTS MAKRIFATUL ILMI BENGKULU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI CUT WIMA UMIANA 214101010011.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ada di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan yaitu terdapat beberapa peserta didik kelas VII yang mengalami kesulitan dalam membaca Alquran, Kesulitan yang dihadapi peserta didik adalah pengucapan huruf hijaiyah yang tidak sesuai dengan makharijul huruf, kemudian sulit untuk mengaplikasikan hukum bacaan tajwid, serta kurang lancar dalam membaca. Hal ini mendorong peneliti untuk menggali informasi secara mendalam terkait peran-peran guru Alquran Hadis yang diterapkan dalam pembelajarannya, yang hingga saat kini alumni lulusan MTs makrifatul Ilmi dapat membaca Alquran dengan baik dan benar dibandingkan dengan sebelumnya.
Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru Alquran Hadis sebagai pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran pada Siswa Kelas VII MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025?, 2) Bagaimana peran guru Alquran Hadis sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran pada Siswa Kelas VII MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025?, 3) Bagaimana peran guru Alquran Hadis sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran pada Siswa Kelas VII MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk triangulasi sumber peneliti melakukan pencocokan data dari guru Alquran Hadis dan juga beberapa peserta didik, sehingga dianalisis dan menghasilkan kesimpulan untuk mencapai titik temu dengan sumber data yang digunakan. Setelah melakukan triangulasi sumber, peneliti juga mencocokkan data melalui sumber data yang digunakan yaitu triangulasi teknik, di mana teknik pengumpulan data dicocokkan melalui teknik pengambilan data-data lainnya, seperti data wawancara kemudian akan dicek berulang dengan adanya observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peran guru Alquran Hadis Sebagai pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran yaitu, membimbing peserta didik dengan cara melakukan pengulangan, penekanan, bantuan, tuntunan, dan ejaan, serta membuat pendataan berbentuk buku Tahfidz Alquran untuk peserta didik agar dapat mengontrol pembelajaran mereka dalam belajar membaca Alquran di rumah. Kemudian juga memberikan nasihat kepada peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran dan jam tambahan di sekolah, serta berkomunikasi dengan orang peserta didik. 2) Peran guru Alquran Hadis sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran yaitu, guru menyampaikan materi secara terperinci tentang hukum bacaan, makharijul huruf, dan mempraktikkan cara membaca Alquran yang baik dan benar. 3) Peran guru Alquran Hadis sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran yaitu guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta memberikan pujian, reward, dan nasihat agar peserta didik tetap semangat dalam belajar membaca Alquran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Cut Wima Umiana |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 07:04 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 07:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |