Mayasari, Zerlina Yunita (2025) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MEMBENTUK POLA PIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Zerlina Yunita Mayasari_214101010002.pdf Download (3MB) |
Abstract
Zerlina Yunita Mayasari, 2025: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan
Budi Pekerti Dengan Menggunakan Metode Role Playing Untuk Membentuk Pola
Pikir Kreatif Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember
Kata Kunci: Metode Role Playing, Pola Pikir Kreatif, PAI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya metode pembelajaran yang
mampu melibatkan siswa secara aktif dan mendorong pola pikir kreatif, terutama
dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode role
playing dipilih karena dinilai mampu menciptakan suasana belajar yang
kontekstual, interaktif, dan mendekatkan siswa pada pengalaman nyata melalui
simulasi peran.
Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran
dengan metode role playing dalam membentuk pola pikir kreatif siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas XI SMKN 3 Jember?,
2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode role playing dalam
membentuk pola pikir kreatif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
dan budi pekerti di kelas XI SMKN 3 Jember?, dan 3) Bagaimana evaluasi
pembelajaran dengan metode role playing dalam membentuk pola pikir kreatif
siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas XI
SMKN 3 Jember?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian
lapangan field research dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian
ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi
wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data interaktif
model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan dilakukan secara
sistematis melalui penyusunan RPP, pengantar materi, dan pembagian kelompok
sesuai skenario; 2) pelaksanaan dilakukan dalam bentuk simulasi pernikahan yang
dilengkapi diskusi dan refleksi, yang mendorong partisipasi aktif serta kreativitas
siswa; dan 3) evaluasi dilakukan melalui latihan soal dari buku paket sebagai alat
ukur pemahaman dan pengembangan pola pikir kreatif siswa selama proses
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Zerlina Yunita Mayasari |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 07:28 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 07:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |