pengembangan media monopoli puisi terhadap kemampuan pembelajaran bahasa indonesia pada materi puisi peserta didik kelas IV di madrasah ibtidaiyah negeri 01 jember

Fitriani, Desi (2025) pengembangan media monopoli puisi terhadap kemampuan pembelajaran bahasa indonesia pada materi puisi peserta didik kelas IV di madrasah ibtidaiyah negeri 01 jember. Undergraduate thesis, UIN K.H Achnad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DESI FITRIANI PGMI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan media monopoli puisi mata pelajaran bahasa
indonesia materi puisi ialah media pembelajaran yang dibuat sebagai alternatif bagi guru dalam menjelaskan materi saat proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran bahasa indonesia peserta didik sulit memahami materi pembelajaran dan kurang antusias dalam belajar dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran, media pembelajaran monopoli puisi sangat cocok bagi peserta didik dikarenakan dalam media ini terdapat beberapa elemen yang menarik perhatian mereka sehingga mampu menciptakan nuansa baru dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media Monopoli Puisi dalam pembelajaran Bahasa indonesia materi puisi peserta didik kelas IV MIN 1 Jember? 2) Bagaimana efektivitas penggunaan media Monopoli Puisi terhadap kemampuan pembelajaran bahasa indonesia pada materi puisi peserta didik kelas IV MIN 1 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana Perkembangan media Monopoli Puisi dalam pembelajaran bahasa indonesia materi Puisi pada peserta didik kelas IV MIN 1 jember 2) Mengetahui bagaimana Efektivitas penggunaan media Monopoli Puisi dalam pembelajaran bahasa indonesia materi Puisi pada peserta didik kelas IV MIN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang biasa disebut dengan istilah R&D atau Research and Development. Model yang digunakan pada penelitian ini yakni model ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, pengisian angket dan tes. Kemudian teknik analisis data penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil pada penelitian menunjukan bahwa: 1) proses pengembangan media pembelajaran monopoli puisi menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis dengan melakukan observasi dan wawancara, tahap desain media monopoli puisi, tahap development dengan melakukan validasi kepada validator, tahap implementasi dilakukan dengan 2 tahap yaitu tahap skala kecil dengan 5 peserta didik dan tahap skala besar dengan 36 peserta didik, tahap evaluasi yaitu kesimpulan produk dengan aspek kevalidan,kepraktisan dan keefektifan. 2) tingkat kelayakan media monopoli puisi dari ahli media 94% dan ahli materi 82%, keduanya dalam kategori sangat layak 3) efektivitas mencapai hasil 87%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahasiswa Desi Fitriani
Date Deposited: 06 Jul 2025 12:04
Last Modified: 06 Jul 2025 12:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46249

Actions (login required)

View Item View Item