LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII D MTS ZAINUL HASAN BALUNG JEMBER

Adawiyah, Robiatul (2025) LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII D MTS ZAINUL HASAN BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Robiatul Adawiyah_212101070027__.pdf

Download (7MB)

Abstract

Literasi matematika adalah kapasitas individu untuk bernalar secara matematis dan merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasikan matematika untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks dunia nyata. Pemberian soal-soal yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) atau HOTS dapat mendorong siswa untuk menggunakan serta mengembangkan kemampuan literasi matematikanya. Minat belajar matematika merupakan salah satu faktor yang berperan dalam kemampuan siswa mengerjakan soal matematika, terutama soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).
Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan literasi matematika siswa dengan minat belajar matematika tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi relasi dan fungsi, 2) Mendeskripsikan literasi matematika siswa dengan minat belajar matematika sedang dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi relasi dan fungsi, 3) Mendeskripsikan literasi matematika siswa dengan minat belajar matematika rendah dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi relasi dan fungsi.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Banyak Subjek dalam penelitian ini ada tiga subjek berdasarkan kategori minat belajar matematika siswa, yaitu satu siswa dengan minat belajar matematika tinggi, satu siswa dengan minat belajar matematika sedang dan satu siswa dengan minat belajar matematika rendah. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data menurut Miles, Hurberman, dan Saldana. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah : 1) Siswa dengan minat belajar matematika tinggi dapat memenuhi ketiga indikator literasi matematika yaitu merumuskan masalah secara matematis; menggunakan konsep, fakta, dan prosedur matematika; serta menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika, 2) Siswa dengan minat belajar matematika sedang dapat memenuhi satu indikator literasi matematika yaitu merumuskan masalah secara matematis, dan 3) Siswa dengan minat belajar matematika rendah belum mampu memenuhi ketiga indikator literasi matematika.

Robiatul Adawiyah, 2025: Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill Pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Minat Belajar Matematika di Kelas VIII D MTs Zainul Hasan Balung Jember.
Kata Kunci: Literasi Matematika, Soal HOTS, Minat Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Robiatul Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:54
Last Modified: 04 Jul 2025 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46260

Actions (login required)

View Item View Item