Aliyah, Muhimmatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar (Smart Stairs) Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang di Kelas III MI Bustanul Ulum Kemiri 01 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Muhimmatul Aliyah_ (1).pdf Download (8MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses kegiatan
pembelajaran khususnya dalam membantu peserta didik untuk memahami
pembelajaran Matematika. Media pembelajaran yang digunakan di Madrasah
Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kemiri 01 Jember sangat terbatas yakni berupa buku
paket atau pegangan guru dan LKS, terbatasnya media pembelajaran yang
digunakan. Maka dari itu perlu adanya inovasi baru dalam membuat sebuah
media pembelajaran. Media Tangga Pintar (Smart Stairs) merupakan media
dengan menggunakan konsep berbentuk seperti sebuah tangga, menyajikan
sebuah materi satuan panjang dan beberapa elemen-elemen yang ada
didalamnya
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana desain
pengembangan media pembelajaran tangga pintar (smart stairs) pembelajaran
matematika materi satuan panjang di kelas III MI Bustanul Ulum Kemiri 01
Jember? 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran tangga pintar (smart
stairs) pembelajaran matematika materi satuan panjang di kelas III MI Bustanul
Ulum Kemiri 01 Jember 3) Bagaimaman keefektifan media pembelajaran
tangga pintar (smart stairs) pembelajaran matematika materi satuan panjang di
kelas III MI Bustanul Ulum Kemiri 01 Jember?
Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan desain
pengembangan media pembelajaran tangga pintar (smart stairs) pembelajaran
matematika materi satuan panjang di kelas III MI Bustanul Ulum Kemiri 01
Jember. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran tangga
pintar (smart stairs) pembelajaran matematika materi satuan panjang di kelas III
MI Bustanul Ulum Kemiri 01 Jember. 3)Mengetahui keefektifan pengembangan
media pembelajaran tangga pintar (smart stairs) pembelajaran matematika
materi satuan panjang di kelas III MI Bustanul Ulum Kemiri 01 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan layak sebagai
media pembelajaran. Kelayakan media ini divalidasi oleh ahli media (94%), ahli
materi (84%), ahli pembelajaran (98,18%), dengan persentase keseluruhan
92,6% (valid dan sangat layak/sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran Tangga Pintar (Smart Stairs) layak untuk diterapkan pada proses
pembelajaran. Keefektivan media berdasarkan angket respon peserta didik
menunjukkan rata-rata 65%.Hal ini ditunjukkan dengan persentase efektivitas
sebesar 65%, yang termasuk dalam kategori efektif.
kata kunci: Media Pembelajaran, Tangga Pintar, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Muhimmatul Aliyah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |