Saputri, Rima Windy Laura (2025) PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA KELOMPOK A DI TK AR ROUDHOH PATRANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Rima Windy Laura Saputri.pdf Download (6MB) |
Abstract
Nilai agama dan moral pada anak merupakan aspek yang penting dalam perkembangan anak usia dini salah satunnya melalui kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah yang dilakukan di TK Ar Roudhoh Patrang Jember. Tidak hanya mengembangkan nilai agama dan moral tetapi anak dilatih untuk disiplin, bertanggung jawab serta kecintaan beribadah dan sikap saling menghargai satu sama lain.
Fokus penelitian ini yakni: 1) Pembiasaan sholat dhuha berjamaah untuk mengembangkan kemampuan menghafal bacaan dan gerakan sholat pada kelompok A di TK Ar Roudhoh Patrang Jember. 2) Pembiasaan sholat dhuha berjamaah untuk membentuk kebiasaan anak berperilaku baik pada kelompok A di TK Ar Roudhoh Patrang Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dskriptif. Lokasi penelitian di TK Ar Roudhoh Patrang Jember. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dengan pengabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah, 1) Pembiasaan sholat dhuha berjamaah berperan penting dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Pembiasaan sholat dhuha berjamaah yang dilaksanakan secara rutin, terstruktur, dan menyenangkan mampu mengembangkan kemampuan anak dalam menghafal bacaan dan gerakan sholat. Anak mulai mampu menirukan dan menghafal bacaan pendek seperti takbir dan doa sujud, serta memahami urutan gerakan sholat. 2) Pembiasaan sholat dhuha berjamaah kegiatan ini juga membentuk perilaku baik pada anak, seperti disiplin, sopan santun, sabar, dan tertib. Guru berperan sebagai teladan dan pembimbing selama kegiatan berlangsung, dan anak menunjukkan perkembangan sikap yang positif dari waktu ke waktu. Melalui pendekatan pembiasaan dan keteladanan, kegiatan ini mendukung pembentukan karakter religius dan sosial anak sejak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Rima Windy Laura Saputri |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |