Syawalia, Fitnatun (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIAKU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) MANGARAN 03 AJUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
|
Text
SKRIPSI fitnatun syawalia_ (212101040042).pdf - Bibliography Download (12MB) |
Abstract
Fitnatun Syawalia, 2025: Pengembangan media busy book materi keragaman
budaya Indonesiaku pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas V
sekolah dasar negeri (SDN) Mangaran 03 Ajung tahun pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Busy book, Keragaman budaya Indonesia
Penelitian dan pengembangan ini berfokus pada penggunaan media busy
book sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila siswa
kelas V materi keragaman budaya Indonesiaku. Latar belakang penelitian ini
didasarkan pada rendahnya antusiasme siswa akibat metode pembelajaran yang
monoton serta minimnya media pembelajaran inovatif yang sesuai dengan
karakteristik siswa sekolah dasar. Oleh sebab itu, media busy book dirancang
untuk memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia untuk menarik antusias
siswa, melatih keterampilan motorik halus, daya ingat, serta pemahaman
konseptual siswa.
Sesuai dengan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti
maka fokus penelitian yang dilakukan yaitu: 1) Bagaimana proses pengembangan
media Busy book materi keragaman budaya Indonesiaku pada mata pelajaran
pendidikan pancasila siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mangaran 03
Ajung tahun pelajaran 2024/2025?, 2) Bagaimana kelayakan produk
pengembangan media Busy book materi keragaman budaya Indonesiaku pada
mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN)
Mangaran 03 Ajung tahun pelajaran 2024/2025?, 3) Bagaimana efektivitas
penggunaan produk pengembangan media Busy book materi keragaman budaya
Indonesiaku pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri (SDN) Mangaran 03 Ajung tahun pelajaran 2024/2025?.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Produk diuji coba sebanyak dua
kali yaitu skala kecil dengan 5 peserta didik dan uji coba skala besar dengan 24
peserta didik kelas V. Instrumen pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, angket, dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil: 1) produk
yang dikembangkan adalah media busy book materi keragaman budaya
Indonesiaku mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas V SDN Mangaran
03 Ajung, 2) Hasil persentase dari uji kelayakan media busy book oleh validator
ahli media, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran memperoleh hasil 92%, sehingga
dikategorikan sangat layak, 3) Hasil uji keefektivan penggunaan media busy book
memperoleh hasil 92,3 % sehingga dikategorikan sangat efektif untuk diterapkan
pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi keragaman budaya Indonesiaku
kelas V SDN Mangaran 03 Ajung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology |
| Depositing User: | Ms Fitnatun syawalia |
| Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:52 |
| Last Modified: | 04 Jul 2025 08:52 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
