Efektivitas Digitalisasi Perbankan Melaui Self Service Technology Untuk Meningkatkan Convenience and Customer Safety Dalam Bertransasksi di PT. BRI (Persero)Tbk. Kantor Cabang Jember.

Zahro, Nabila Ainuz (2025) Efektivitas Digitalisasi Perbankan Melaui Self Service Technology Untuk Meningkatkan Convenience and Customer Safety Dalam Bertransasksi di PT. BRI (Persero)Tbk. Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nabila Ainuz Zahro_212105010025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nabila Ainuz Zahro, Suprianik, 2025: Efektivitas Digitalisasi Perbankan Melaui
Self Service Technology Untuk Meningkatkan Convenience and
Customer Safety Dalam Bertransasksi di PT. BRI (Persero)Tbk.
Kantor Cabang Jember.
Kata Kunci : Efektivitas, Digitalisasi, Self service technology,Convenience,Safety
Perubahan tekonologi saat ini yakni melalui layanan self service
technology dengan adanya layanan ini menjadi peluang baru bagi sektor
perbankan dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Self service
technology merupakan jenis teknologi yang memungkinkan pengguna untuk
mengakses layanan secara mandiri tanpa harus bertemu langsung dengan petugas
layanan.
Fokus penelitian dalam skirpsi ini adalah: (1) Bagaimana efektivitas
digitalisasi perbankan melaui self service technology technology dalam
meningkatkan convenience (kemudahan) nasabah bertransaksi? (2) Bagaimana
efektivitas digitalisasi perbankan melaui self service technology dalam
meningkatkan customer safety (keamanan nasabah) bertransaksi? (3) Bagaimana
tantangan dan solusi yang dilakukan oleh PT. BRI (Persero)Tbk. Kantor Cabang
Jember dalam implementasi Self Service Technology?
Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui
efektivitas digitalisasi perbankan melaui self service technology dalam
meningkatkan convenience (kemudahan) nasabah bertransaksi. (2) Untuk
mengetahui efektivitas digitalisasi perbankan melaui self service technology
dalam meningkatkan customer safety (keamanan nasabah) bertransaksi. (3) Untuk
mengetahui tantangan dan solusi yang dilakukan oleh PT. BRI (Persero)Tbk.
Kantor Cabang Jember dalam implementasi Self Service Technology.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini detemukan bahwa: (1) Dengan adanya digitalisasi
melalu tekonologi self service nasabah dapat melakukan transaksi secara mandiri.
merasakan manfaat adanya layanan tersebut yaitu dapat mengurangi antrean
nasabah, yaang tentunya membuat proses menjadi lebih mudah dan efisien.(2)
Setiap layanan dilengkapi dengan beberapa lapisan pengamanan yang bertujuan
untuk melindungi data dan transaksi nasabah. Pengakuan dari para nasabah
menunjukkan bahwa mereka merasa nyaman dan terlindungi dalam menggunakan
layanan self-service technology. (3) Tantangan yang biasanya dihadapi yaitu
kurangnya pemhaman nasabah lanjut usia dan solusi yang dapat dilakukan adalah
terus melakukan edukasi kepada nasabah terkait penggunaan layanan self servic

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Nabila Ainuz Zahro
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:55
Last Modified: 04 Jul 2025 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46401

Actions (login required)

View Item View Item