PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII D DAN E DI SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Rofiqi, M. Ainur (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII D DAN E DI SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Vicky Terbaru Edit Watermak.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK:M. Ainur Rofiqi 2025: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di SMPN 4 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva, Kreativitas dan Hasil Belajar
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan dalam proses pembelajaran di SMPN 4 Jember peneliti mendapati problem yang terjadi dalam proses pembelajarannya yaitu rendahnya kreatifitas peserta didik terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), terlihat dari hasil tugas sekolah yang dikerjakan dengan tanpa menggunakan referensi sumber belajar lain dan hanya berpedoman pada satu sumber belajar yaitu buku, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan media pembelajaran aplikasi canva.
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam pemelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media aplikasi canva terhadap kreativitas dan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 4 Jember pada tahun pelajaran 2024/2025?
Dengan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran aplikasi canva terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMPN 4 Jember tahun pembelajaran 2024/2025
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian Quasi experimen. Desain penelitian yang dipakai oleh penelitian ini adalah Nonequivalent control group design, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Observasi dan Dokomentasi Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas, dan uji tingkat kesukaran, setelah itu, dilakukan ujin prasyarat yaitu uji normalitas dan uji Homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-test ( uji T )
Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva terhadap kretifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 4 jember. Berdasarkan hasil pengujian hipoteisis dengan uji Independent Sample T-Test yang menunjukan bahwa terdapat adanya perbedaan yang signifikan pada kretifitas dan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang dilakukan dengan menggunakan media pembeljaran aplikasi Canva dengan kelompok siswa yang dilakukan dengan kegiatan pembelajran konvensional. Disamping itu berdasarkan sekor rata-rata angket kreatifitas belajar siswa kelompok kelas eksperiman yang lebih tinggi yaitu 85% dibandingkan dengan sekor rata-rata pada kelas kontrol yaitu 61%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: M. Ainur Rofiqi
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:26
Last Modified: 04 Jul 2025 09:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46453

Actions (login required)

View Item View Item