Iman Sukron, Hayisul (2025) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI HAYISUL WATER MARK fiks NEW.pdf Download (1MB) |
Abstract
Hayisul Iman Sukron, 2025: “Manajemen Mutu Pembelajaran Keagaman Dalam
Meningkatkan Disiplin Siswa Melalui Budaya Religius Di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 1 Jember”
Kata kunci: Mutu Pembelajaran, Disiplin Siswa, Budaya Religius.
Pembelajaran yang berkualitas dan konsisten dapat meningkatkan disiplin
siswa dengan membangun karakter mereka melalui budaya religius, sehingga menjadi
tantangan bagi pendidik dalam mengaplikasikannya. Oleh karena itu, melalui
Manajemen mutu pembelajaran keagamaan dalam meningkatkan disiplin siswa melalui
budaya religius di sekolah menengah pertama negeri 1 jember mempunyai komitmen
untuk mengembangkan dan mencetak peserta didik yang berkarakter sesuai dengan
dimensi nilai- nilai keagamaan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen mutu
pembelajaran keagamaan dalam meningkatkan disiplin siswa melalui budaya religius di
sekolah menengah pertama negeri 1 Jember?. 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen
mutu pembelajaran keagamaan dalam meningkatkan disiplin siswa melalui budaya
religius di sekolah menengah pertama negeri 1 Jember?. 3) Bagaimana evaluasi dan
tindak lanjut manajemen mutu pembelajaran keagamaan dalam meningkatkan disiplin
siswa melalui budaya religius di sekolah menengah pertama negeri 1 Jember?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian case study\ Study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu,
wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model
Miles, Huberman dan Saldana. Langkahnya meliputi: Pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dilakukan sebelum tahun ajaran
baru melalui musyawarah yang dipimpin oleh kepala sekolah, dengan koordinasi Waka
Kesiswaan dan para pendidik. Kepala sekolah berperan dalam memastikan terciptanya
lingkungan sekolah yang kondusif dan berkualitas. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran,
pendidik berperan sebagai teladan bagi siswa, membina kedisiplinan melalui
pengawasan terhadap perilaku dan pembinaan karakter, serta menggunakan media
pembelajaran yang relevan guna mendukung peningkatan mutu pembelajaran. 3)
Evaluasi dilakukan terhadap hasil penerapan program melalui laporan yang
disampaikan oleh guru dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, serta tindak lanjut
melalui koordinasi pendidik untuk memverifikasi kondisi pembelajaran di kelas, dengan
penekanan pada optimalisasi peran wali kelas dalam membina pembiasaan perilaku
disiplin siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.Pd. Hayisul Iman sukron |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 09:28 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 09:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |