Pengembangan Media Egg Count Box Dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Angka 1-20 Pada Siswa Kelas I di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember

Imania, Nur (2025) Pengembangan Media Egg Count Box Dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Angka 1-20 Pada Siswa Kelas I di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Imania_211101040021 (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Egg Count Box Pembelajaran Matematika
Penelitian ini diadakan karena minimnya media pembelajaran pada pembelajaran Matematika di SDS Islam Ulul Albab Jember. Oleh sebab itu, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran yang menunjang pembelajaran matematika untuk membuat peserta didik tertarik yaitu dengan mengembangkan media Egg Count Box. proses pembelajaran Matematika masih minim dalam menggunakan serta mengembangkan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik kurang semangat dan antusias serta tidak tertarik dalam mengikuti proses belajar mengajar pada pembelajaran Matematika.
Adapun Tujuan penelitian ini yaitu Untuk 1) Mengetahui Pengembangan media Egg Count Box dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan angka 1-20 pada siswa kelas I di SD Islam Ulul Albab Jember. 2) Untuk Mengetahui Kelayakan Pengembangan Media Egg Count Box dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan angka 1-20 pada siswa kelas I di SD Islam Ulul Albab Jember. 3) Untuk Mengetahui Keunikan Pengembangan Media Egg Count Box dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan angka 1-20 pada siswa kelas I di SD Islam Ulul Albab Jember.
Metode Penelitian ini menggunakan Research and Development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua data yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Dengan subjek penelitian 29 siswa kelas I dan lokasi penelitian di SDS Islam Ulul Albab Jember.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) media Egg Count Box yang dikembangkan melalui box yang berisi soal-soal penjumlahan dan pengurangan, papan kerja, beberapa butir telur tiruan, dan alat permainan berupa palu kayus. 2) Serta media egg count box yang dikembangkan peneliti layak digunakan, ini bisa dibuktikan dengan hasil kelayakan oleh validator media yang mendapat hasil sebesar 90% dan ahli pembelajaran memperoleh skor akhir 92% yang mana masing-masing perolehan skor tersebut dinyatakan sangat layak 3) media egg count box yang dikembangkan peneliti dikategorikan sebagai media yang praktis digunakan setelah memperoleh skor 88,6% berdasarkan hasil pengisian angket peserta didik. Dan 4) media egg count box efektif digunakan setelah mengalami peningkatan hasil belajar setelah memperoleh hasil uji N-Gain sebesar 0,92 yang diperoleh melalui hasil pengerjaan pretest dan posttest. Sehingga media egg count box dinyatakan sebagai media yang layak, praktis, dan efektif digunakan khususnya pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan angka 1-20 di kelas I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Nur Imania
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:34
Last Modified: 04 Jul 2025 09:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46479

Actions (login required)

View Item View Item