Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Angin Pintar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025

Rachmawati, Fifi Febriani (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Kincir Angin Pintar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Bondowoso Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fifi Febriani Rachmawati (211101040010).pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci : Media Pembelajaran, Kincir Angin Pintar Pembelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I MIN 03 Bondowoso. Kondisi ini membuat siswa kurang semangat dan kesulitan dalam meningkatkan kemampuan membaca. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media Kincir Angin Pintar sebagai sarana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk membantu siswa lebih tertarik dan aktif dalam belajar membaca. Adapun rumusan masalah dan juga tujuan penelitian yaitu: 1) ; Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran Kincir Angin Pintar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I untuk meningkatkan kemampuan membaca di MIN 03 Bondowoso? 2) ; Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran Kincir Angin Pintar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I untuk meningkatkan kemampuan membaca di MIN 03 Bondowoso? 3) ; Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran Kincir Angin Pintar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I untuk meningkatkan kemampuan membaca di MIN 03 Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah: 1) ; Mendeskripsikan kevalidan pengembangan media Kincir Angin Pintar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I untuk meningkatkan kemampuan membaca di MIN 03 Bondowoso. 2) ; Mendeskripsikan kepraktisan pengembangan media Kincir Angin Pintar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I untuk meningkatkan kemampuan membaca di MIN 03 Bondowoso. 3) ; Mendeskripsikan keefektifan pengembangan media Kincir Angin Pintar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I untuk meningkatkan kemampuan membaca di MIN 03 Bondowoso Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development atau R&D dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subyek penelitian ini siswa kelas I MIN 03 Bondowoso yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kevalidan media Kincir Angin Pintar memperoleh skor oleh ahli media 92,5% dan ahli pembelajaran 100% semuanya dalam kategori sangat valid; (2) Kepraktisan Media Kincir Angin Pintar dinilai layak digunakan berdasarkan hasil pengisian angket respon peserta didik sebesar 91,73%, serta (3) Media Kincir Angin Pintar dinyatakan efektif digunakan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 76,3% berdasarkan hasil pengisian pretest dan posttest peserta didik. Hasil ini menunjukkan bahwa Media Kincir Angin Pintar dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fifi Febriani Rachmawati
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:33
Last Modified: 04 Jul 2025 09:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46496

Actions (login required)

View Item View Item