Arifin, Arin Mufarihah (2025) Pelaksanaan Kajian Tafsir Jalalain Juz 30 dalam Pembinaan Pemahaman Al-Qur'an Melalui Metode Al-Muyassar di Kelas Kitab SMP Islam Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ARIN MUFARIHAH ARIFIN 212101010071_SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pelaksanaan Kajian Tafsi ̅r Jala ̅lain Juz 30 di Kelas Kitab untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an. Sebelumnya, diketahui bahwa siswa SMP Islam Kalibaru hanya mampu membaca dan menghafalkan Al-Qur’an tanpa memahami makna serta kandungannya. Oleh karena itu, Kelas Kitab diharapkan dapat menjadi upaya pembinaan pemahaman Al-Qur’an siswa di SMP Islam Kalibaru.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1)Apa tujuan pelaksanaan Kajian Tafsi ̅r Jala ̅lain Juz 30?; 2)Bagaimana metode Al-Muyassar dilaksanakan?; 3)Apa materi pelaksanaan?; 4)Apa media pelaksanaan?;5)Bagaimana evaluasi pelaksanaaan Kajian Tafsi ̅r Jala ̅lain Juz 30?.Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan tujuan pelaksanaan Kajian Tafsi ̅r Jala ̅lain Juz 30; 2)Untuk mendeskripsikan metode Al-Muyassar pada pelaksanaan; 3)Untuk mendeskripsikan materi pada pelaksanaan; 4)Untuk mendeskripsikan media pada pelaksanaan; 5)Untuk mendeskripsikan evaluasi pada pelaksanaan Kajian Tafsi ̅r Jala ̅lain Juz 30.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan beberapa langkah menurut Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasannya 1) Tujuan Kajian Tafsi ̅r Jala ̅lain Juz 30 di SMP Islam Kalibaru tidak hanya terbatas pada teks pengajaran, tetapi juga mencakup pembentukan karakter agar siswa memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupannya. 2) Metode Al-Muyassar menunjukkan efektivitas dalam proses pembelajaran melalui partisipasi aktif siswa dan metode ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. 3) Pemilihan materi Tafsi ̅r Jala ̅lain Juz 30 tidak hanya mengkaji ayat-ayat tertentu dalam Juz 30 saja tetapi mengkaji keseluruhan surah pada Juz 30yang dimulai dari Surah An-Naba', menunjukkan relevansi terhadap latar belakang siswa dan mendukung tujuan pembelajaran. 4) Media yang digunakan dalam pelaksanaan Kajian Tafsi ̅r Jala ̅lain di Kelas Kitab adalah media cetak, yaitu Kitab Tafsi ̅r Jala ̅lain Juz 30 yang sangat membantu siswa dalam merumuskan kesimpulan dan memahami konteks serta makna ayat. 5) Evaluasi yang dilakukan pada akhir kajian dan setiap dua minggu dengan tes lisan yang diberikan kepada siswa berupa soal yang berbeda, sangat efektif dalam memahami Al-Qur’an. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat lebih memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
Kata Kunci: Kajian Tafsir Jalalain Juz 30, Pembinaan Pemahaman Al-Qur’an, Metode Al-Muyassar, Kelas Kitab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Arin Mufarihah Arifin |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 09:37 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 09:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |