NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “MUHAMMAD AL-FATIH (1432-1481 M)” KARYA DR. ALI MUHAMMAD ASH-SHALLABI

SITI, ANISA (2025) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “MUHAMMAD AL-FATIH (1432-1481 M)” KARYA DR. ALI MUHAMMAD ASH-SHALLABI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_SITI_ANISA_T20181437...pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Anisa, 2025: Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Muhammad Al-Fatih (1432-1481 M) Karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi.

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Buku Muhammad Al-Fatih (1432-1481 M).
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk karakter suatu bangsa, karena maju atau tidaknya suatu bangsa dilihat dari bagaimana kualitas pendidikannya serta karakter anak bangsa. Di tengah era globalisasi yang semakin pesat, tantangan moral generasi muda semakin kompleks. Maraknya tindak kekerasan, perundungan, penyalahgunaan narkoba, hingga kasus pelecehan seksual menjadi bukti nyata krisis karakter yang terjadi. Oleh karena itu, pendidikan karakter dipandang sebagai solusi penting untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di Indonesia.
Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam buku Muhammad Al-Fatih (1432-1481 M) Karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi?. 2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter kerja keras dalam buku Muhammad Al-Fatih (1432-1481 M) Karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi?. 3) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter toleransi dalam buku Muhammad Al-Fatih (1432-1481 M) Karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi?. 4) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter tanggung jawab dalam buku Muhammad Al-Fatih (1432-1481 M) Karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian kepustakaan atau penelitian library research, teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisi isi atau content analysis yakni dengan beberapa langkah: mengelola, memilih, mengorganisasikan, serta mensintesis pesan atau nilai yang ada dalam buku Muhammad Al-Fatih (1432-1481 M).
Hasil penelitian ini adalah: menjelaskan bahwasanya di dalam buku Muhammad Al-Fatih (1432-1481 M) terdapat 4 nilai pendidikan karakter yang menjadi bahasan fokus peneliti, yaitu 1) Nilai pendidikan karakter religius. 2) Nilai pendidikan karakter kerja keras. 3) Nilai pendidikan karakter toleransi. 4) Nilai pendidikan karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Siti Anisa
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:40
Last Modified: 04 Jul 2025 09:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46521

Actions (login required)

View Item View Item